Aduh follower Gue kok gak naik-naik? Like Gue kok segitu-segitu aja? dan komen di postingan Gue gak ada yang komen? pasti temen-temen Gue cuma stalking aja! pasti temen-temen Gue gengsi buat ngelike! pasti males deh buat say hay! pasti postingan Gue jelek! ujung-ujungnya Gue block juga nih! Pikiran tersebut pasti sempat terbenak di otak kamu kan Langkahku? benar gak? Kalau benar tolong buang jauh-jauh ya, karena itu semua salah! Menurut Gue ini soal Algoritma Instagram.

Pasti bagi kamu pengguna instagram, sempet berfikir ingin punya followers yang banyak? ketika posting di feed semenit langsung banyak yang ngelike? ingin postingannya dikomen dan ada rasa bangga bila dipuji sama teman-teman di Instagram? benar gak Langkahku? Kalau benar itu adalah wajar, karena Gue juga ingin seperti itu. Tapi janganlah kamu berbuat instan demi itu semua. Misalkan membeli follower, pakai aplikasi pihak ketiga, atau menspam komen di feed teman kamu dengan kata/kalimat yang sama sampai puluhan kali demi engagement yang tinggi.

Sebenarnya hal-hal tersebut wajar-wajar saja tetapi ada sebab dan ada akibatnya apabila kamu melakukan hal tersebut. Bisa-bisa akunmu disuspend instagram atau follower kamu tiba-tiba turun drastis. Tetapi itu semua pilihan. Karena itu akunmilikmu dan itu hak kamu. Nah mungkin artikel ini bisa jadi pencerahan bagi Gue, kamu dan semua yang membaca.

Perubahan Algoritma

Tahu gak Langkahku, kalau tahun ini algoritma instagram berubah lagi. Algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Kalau di Instagram algoritma bekerja dimana postingan siapa yang muncul di menu branda. Sekarang, dikabarkan bahwa hanya 10% dari followers kamu yang benar-benar melihat postingmu di timeline mereka. Ini menjawab pikiran Langkahku kan pastinya? hal ini juga bikin frustasi para konten kreator memikirkan konten apa yang harus disajikan di Instagram.

Disini Gue akan membahas tentang algoritma instagram di tahun 2019 terbaru yang gue sudah baca dari berbagai sumber. Ditambah beberapa tips untuk membuat algoritma Instagram bekerja di sisimu dan Gue pastinya. Dan juga meningkatkan visibilitas dan keterlibatan posting. Mungkin cara ini juga akan Gue terapkan di akun pribadi Gue @DSenjaya89 dan di @langkahdody

Algoritma Instagram : Kalau kamu peduli dengan orang lain kemungkinan besar orang lain juga akan peduli dengan kamu
Kalau kamu peduli dengan orang lain kemungkinan besar orang lain juga akan peduli dengan kamu /foto: Ilustrasi by canva

Algoritma instagram memprediksi seberapa besar kamu peduli dengan posting yang ada di instagram.

Timeline Instagram kamu yang muncul tidak hanya berdasarkan pada siapa yang kamu follow, tetapi juga berdasarkan pada siapa dan apa yang kamu suka. Jadi semakin banyak ngelike, komen, share postingan yang ada di instagram, semakin tinggi juga dia muncul di timeline instagram kamu.

Ketika sebuah postingan menerima banyak like dan komentar, ini menandakan algoritma Instagram posting kamu berkualitas, melibatkan konten yang ingin dilihat lebih banyak orang. Hal ini terbukti bagaimana konten viral menyebar begitu cepat di Instagram. Tetapi itu tidak berarti kamu membutuhkan ribuan like untuk membuat algoritma Instagram bekerja di sisi kamu. Intinya hanya perlu fokus untuk menyediakan konten berkualitas saat ini, dan selanjutnya, followers akan menikmati dan ingin terlibat.

Ada tips buat kamu, untuk menyelesaikan masalah ini yaitu KONSISTEN.

Ketika memposting konten dengan konsisten, Postingan kamu tidak hanya meningkatkan keterlibatan follower tetapi juga mendapatkan sinyal bagi algoritma instagram bahwa akun kamu berkualitas! Konsisten ini tidak hanya soal waktu posting tetapi berapa banyak konten yang harus kamu post.

Misal dalam sehari kamu mampu post konten cuma 3 kali, ya tiap hari harus posting 3 kali. Atau kalau kamu mampu hanya sekali sehari ya kamu konsiten sehari sekali. Ini tergantung pada kamu. Jadi jangan dibuat beban ya. Konten bisa kamu jadwalkan kok jadi kegiatan gak akan terganggu kalau lagi sibuk. Kamu juga bisa pakai aplikasi Planoly atau Later.

Jika Anda terbiasa memposting beberapa kali sehari dan kemudian beralih ke hanya beberapa kali seminggu, Anda akan mulai kehilangan pengikut dan menghasilkan lebih sedikit keterlibatan per posting.

Neil Patel seorang Pakar media sosial

Algoritma instagram menentukan hubungan kamu dengan followers

Sekarang instagram tidak hanya memprioritaskan posting dengan keterlibatan yang banyak, tetapi juga berdasarkan hubungan kamu dengan followers. Misalkan mengomentari banyak foto seseorang atau ditandai dalam foto bersama mereka, ini menandakan ke Instagram bahwa mereka mungkin termasuk dalam kategori “teman dan keluarga”. Jadi penting banget nih buat menanggapi komentar postingan dan balas DM masuk.

Mencobalah menjalin hubungan dengan lebih intens otomatis ia juga akan merasa bahwa ia itu penting. /foto: ilustrasi by Canva
Mencobalah menjalin hubungan dengan lebih intens otomatis ia juga akan merasa bahwa ia itu penting. /foto: ilustrasi by Canva

Kalau ini tipsnya adalah gunakan fitur Instagram notifikasi dan pengelola halaman Facebook yang terhubung.

Ingat bahwa algoritma itu tentang hubungan dan keterlibatan. Jadi membalas komentar pada postingan itu penting. Dan jika komentar itu tidak membutuhkan tanggapan kasih like saja. Ini pasti bakal kerepotan buat kamu karena harus membalas komentar satu-satu, apalagi kalau komentarnya sudah agak lama. Caranya dengan memfokuskan notifikasi yaitu masuk ke pengaturan akun, lalu pilih ke “notifikasi” dan pilih ‘Mati’ untuk semua opsi kecuali ‘Komentar’

Terus ada juga dengan fitur baru facebook yaitu dengan melihat opsi untuk “Messenger” dan “Instagram Direct“. Ketika kamu membuka kotak masuk Halaman Facebook maka akan muncul DM instagram. Ini pastinya harus diseting dulu ke fan page facebook kamu yang terhubung dengan akun instagram.

Terus juga ada cara lain buat lihat komentar di postingan dengan mudah yaitu melalui aplikasi Leter (nanti akan gue bahas juga di review selanjutnya). Intinya apabila keterlibatan ini menjadi fokus bikinlah feed instagram yang terfokus. Kalau kamu suka jalan-jalan bikin konsep tentang jalan-jalan. Kalau suka make up bikin feed instagram kamu tentang kencantikan. Supaya follower menunggu-nungu apa yang kamu lakukan sesuai dengan minat mereka juga yang ingin tahu.

Algoritma instagram menentukan ketepatan waktu postingan

Waktu posting adalah penentu banyaknya keterlibatan followers dan non followers di instagram. Tidak hanya tentang jam berapa posting ya, tetapi tentang ada event apa di waktu tersebut. Misalkan momen lebaran kemarin atau momen mudik kemarin. Ini bisa menjadi banyaknya keterlibatan followers dan non followers kamu. Dengan menemukan waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram, kamu dapat meningkatkan jangkauan serta mendapatkan lebih banyak like dan followers. Untuk postingan waktu yang tepat menurut sumber yang Gue baca kalian bisa cek artikelnya di sini.

Algoritma Instagram : Kedisiplinan waktu merupakan cerminan dalam bekerja
Kedisiplinan waktu merupakan cerminan dalam bekerja /foto: ilustrasi by Canva

Algoritma instagram menggunakan seberapa sering memunculkan postingan.

Pasti kamu kadang-kadang bingung tentang postingan yang muncul di timeline instagram. Misalkan 1 jam yang lalu, atau 10 jam yang lalu, atau 3 hari yang lalu. Ini di tentukan oleh algoritma, membacanya seberapa sering kamu membuka aplikasi Instagram? Jika kamu sering menjadi scroller, timeline kamu akan terlihat lebih “kronologis” karena Instagram mencoba “menampilkan posting terbaik sejak kunjungan terakhir kamu.” Jika lebih jarang membuka aplikasi Instagram, maka timeline kamu akan lebih disortir sesuai dengan apa yang menurut Instagram yang disukai, bukan secara kronologis.

Algoritma Instagram : Semakin rajin semakin terlihat hasilnya
Semakin rajin semakin terlihat hasilnya /foto: Ilustrasi by Canva

Algoritma instagram memperhatikan following

Berapa banyak following kamu? Jika mengikuti banyak orang, maka Instagram memiliki lebih banyak opsi untuk dipilih siapa yang akan banyak muncul di timeline.

Tips buat kamu yang ingin postingannya muncul sesuai dengan keinginan kamu tapi tidak harus mengunfollow akun temen. Yaitu dengan cara MUTE.

Fitur ini bertindak seperti “berhenti mengikuti dengan lembut”

Engadget

Ketika kamu membisukan akun following, kamu masih dapat melihat posting di halaman profi dia dan mendapat pemberitahuan tentang komentar atau posting yang kamu beri tag. Akun yang kamu mute juga tidak akan tahu bahwa telah dibisukan. Kamu juga dapat membatalkan fitur mute untuk mendapatkan kembali kiriman following di timeline.

Algoritma Instagram Kadang kita perlu memilih dan fokus terhadap orang yang kita perhatikan agar bisa tercapai apa yang kita mau
Kadang kita perlu memilih dan fokus terhadap orang yang kita perhatikan agar bisa tercapai apa yang kita mau /foto: Ilustrasi by Canva

Algoritma instagram menghitung penggunaan terhadap aplikasinya

Jika kamu menghabiskan waktu memakai instagram, Kmau akan melihat lebih banyak postingan di menu jelajah katalog Instagram. Karena instagram menggali lebih dalam katalognya. Namun, jika kamu hanya menghabiskan beberapa menit di aplikasi setiap hari, maka kamu hanya akan mendapatkan highlight hari itu dari algoritma di menu jelajah.

Algoritma Instagram Habiskan lah waktu kamu dengan yang baik dan dengan perhitungan yang matang
Habiskan lah waktu kamu dengan yang baik dan dengan perhitungan yang matang /foto: Ilustrasi by Canva

Kesimpulan

Itulah cara kerja algoritma instagram di 2019. untuk update algoritma instagram terbaru di 2020 bisa cek artikelnya di sini. Ambil perubahan algoritma Instagram sebagai peluang untuk menciptakan koneksi yang lebih dalam, menghasilkan konten berkualitas tinggi, dan mengoptimalkan strategi media sosial kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadikan kamu aktif lagi di Instagram. Klaau ada salah dan ada masukan bisa tulis di kolom komentar.

Jangan biarkan konten yang kamu buat itu sia-sia
Jangan biarkan konten yang kamu buat itu sia-sia

Anda mungkin juga menyukai:

1.348 Komentar

  1. Hello, Neat post. There’s an issue along with your web site in web explorer, could check this?
    IE still is the market leader and a large component to folks
    will miss your excellent writing due to this problem.

  2. I absolutely love your blog.. Excellent colors & theme.
    Did you build this website yourself? Please reply back as I’m looking to create my own personal blog and want to know where you got this from or what the theme is called.
    Kudos!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *