Hello Langkahku kembali lagi bersama Gue tentunya. Aduh makin lama makin banyak saja selebgram bertebaran di dunia maya. Selebgram biasanya dikenal di dunia instagram. Kalau menurutku selebgram itu seseorang yang bisa membawa pengaruh bagi orang banyak. Selebgram biasanya mempunyai pengikut yang banyak, mempunyai konten yang menarik untuk ditunggu dan biasanya feed instagramnya menarik dan bisa dibuat contoh. Nah para selebgram ini biasanya menggunakan aplikasi edit foto untuk mempercantik feeds nya. Dan membuat followers-foloowersnya tertarik untuk melihat instagramnya. Kalau menurut kalian apa si arti selebgram? siapa si yang disebut selebgram? Coba bisa tulis dikolom komentar kalau selebgram versi kalian.  

Kembali lagi ke topik pembicaraan. Banyak yang tanya ke Gue tentang feed instagram Gue terutama foto yang Gue edit. Dari segi tone, konsep, dan aplikasi apa yang Gue pakai untuk mengedit foto-foto tersebut. Nah kali ini Gue akan berbagi tips dan aplikasi apa saja yang biasa dipakai. Ada 5 aplikasi yang sering Gue pakai untuk mengedit foto yaitu Snapseed, VSCO , Lightroom, In Swipe dan Lens Distortions. Yuk kita bahas fungsinya aplikasi masing-masing ini.

Snapseed

aplikasi edit foto Snpaseed

Ini adalah aplikasi edit foto pertama yang Gue pakai. Mulai dari Gue memakai iphone 3 pada tahun 2012. Dahulu snapseed hanya ada di IOS dan berbayar, sekarang snapseed sudah diakusisi oleh Google sehingga tersedia di Android. Fitur yang ditawarkan snapseed sangat beragam. Mulai tune image, detail, curve, whitebalance, crop, rotate, perspektive, expand, selective, brush, healing, HDR scape, glamour glow, tonal contrast, drama, vintage, grainy film, retrolux, grunge, Black and white, noir, potrait, head pose, lens blur, vignette, double exposure, text dan frame.

Untuk fitur yang Gue sering pakai pada snapseed adalah Grain film, healing, dan expand. Untuk Grain film itu mengubah tone warna yang biasa menjadi seperti foto yang Cinematic. Untuk healing digunakan untuk menghilangkan objek yang tidak berguna dalam suatu foto. Dan Expand menambahkan resolusi pada foto. Kalau kalian ingin lebih detailnya Gue menggunakan aplikasi snapseed ini bisa request di kolom komentar ya. Kalau berminat dan banyak yang ingin tahu Gue akan buatkan video tutorial di channel Youtube Gue pastinya. Apakah Langkahhku #teamSnapseed?

VSCO X

aplikasi edit foto VSCO x

Ini adalah aplikasi edit foto anak zaman milenial dan sering dipakai oleh para selebgram. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Langkahku hanya memilih filter yang sudah disediakan oleh pihak VSCO X dan mengatur exposure, contrast, straighten, X-Skew, Y-skew, crop, sharpen, saturation, highlights, shadows, temperature, tint, skin tone, vignette, grain, fade, shadows tint, highlights tint, border dengan mengeserkan tombol kekanan atau kekiri sesuai keinginan kamu.

Yang beda dari VSCO X update selain mengedit foto Langkahku juga bisa mengedit video. Filternya pun dari yang free sampai yang berbayar. Terus asiknya lagi VSCO X ini menyediakan refrensi foto-foto keren dari pengguna lain. Jadi bisa sambil belajar. Kekurangnnya foto yang di hasilkan akan ke kompres sizenya. Sehingga hasilnya tidak bisa di cetak dengan gambar yang tajam. Kalau Langkahku ingin tahu lebih detail cara menggunakan VSCO X bisa request video tutorialnya. Nanti kalau banyak peminatnya Gue akan buatkan untuk Langkahku pastinya. Jadi Langkahku apakah #teamVSCOX juga seperti kids zaman now?

Lightroom For Mobile

aplikasi edit foto Lightroom mobile

Ini adalah aplikasi edit foto yang akhir-akhir ini Gue pakai. Lightroom for mobile ini mempunyai fitur yang lengkap. Menggunakannya agak rumit tapi hasilnya luar biasa. Yang paling Gue suka dengan aplikasi ini adalah foto yang kita edit kualitas fotonya tidak merubah file originalnya sehingga gambar tidak pecah. Selain itu lightroom menyematkan fitur color sehingga kita bisa merubah warna pada foto lebih ciamik dan sesuai kemauan Langkahku.

Lightroom sendiri telah tersedia versi destop yang lebih lengkap. Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis pada playstore dan app store pastinya. Nah aplikasi ini juga bisa menyimpan filter buatan kita(preset) yang telah kita buat. Jadi makin bisa berkreasikan . Mau tau cara menggunakan lightroom secara mendetail? Yuk tulis dikomentar kalau kamu #teamLightroom agar Gue bisa membuatkan tutorial editing menggunakan Lightroom for mobile.  

Aplikasi Edit Foto InSwipe

aplikasi Inswipe

Langkahku tahukan kalau instagram telah menyematkan fitur multiple foto pada aplikasinya. Ini memudahkan kita untuk berbagi lebih banyak foto dalam satu postingan. Tapi kalau postingan kita sama aja dan tidak menarik, follower Kita jadi males untuk melihat semua foto-foto yang kita posting. Nah ini ada aplikasi untuk mendukung multiple foto, agar lebih menarik yaitu InSwipe. Fungsi dari Inswipe sendiri adalah menggabungkan foto dalam 1 postingan tanpa terpotong. Jadi ketika diposting akan membuat follower kita penasaran dan akan terus swipe kekiri. Lebih menarik bukan postingan instagram Langkahku kalau memakai InSwipe.

Caranya cukup mudah untuk menggunakan aplikasi foto ini. Pilih foto kemudian tentukan resolusinya. Lalu posting di instagram dengan fitur multiple. Selanjutnya pilih foto dari awal sampai akhir. lalu posting deh. Mau tahu cara detailnya dan mau Gue buatkan video tutorialnya? Yok langsung request aja di kolom komentar kalau Langkahku adalah #TeamInSwipe.

Aplikasi Edit Foto Lens Distortions

aplikasi lens distortions

Nah ini juga aplikasi yang sudah lama ada di IOS dan baru lounching di Android. Jadi Langkahku bisa mencoba aplikasi baru ini. Namanya Lens Distortion. Aplikasi ini berguna untuk memberikan efek cahaya yang menawan. Dahulu Gue menggunakan Picart untuk membuat cahaya tersebut. Dan sekarang ketika Gue menggunakan aplikasi ini, Gue lebih tertarik menggunakan Lens Distortions.

Cara menggunakannya pun mudah. Aplikasi ini menyediakan puluhan efek yang bisa disematkan di foto Langkahku. Mulai dari cahaya matahari, kabut, asap, cahaya kaca, lampu dan sebagainya. Langkahku juga bisa mengunduhnya gratis pada playstore loh. Mau tahu detail dan cara pemakaian Lens Distortions? Yuk request di kolom komentar kalau Langkahku adalah #teamLensDistortions.

Kesimpulan

Itulah ke-5 aplikasi yang sering Gue pakai untuk mengedit foto di feed instagram. Jangan lupa untuk follow instagram Gue di @DSenjaya89 untuk melihat update perjalanan Gue. Sekian artikel untuk tips and trick dari Gue. Postingan selanjutnya Gue akan membahas tentang mengedit instastory yang Keceh. Mau tahu kan? Makanya pantengin terus blog Gue dan lihat terus portofolio Gue ya Langkahku. Terima kasih sudah berkunjung Langkahku.

You might also enjoy:

9 Comments

  1. I would like to thnkx for the efforts you have put in writing this blog. I am hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming as well. In fact your creative writing abilities has inspired me to get my own blog now. Really the blogging is spreading its wings quickly. Your write up is a good example of it.

  2. Thanks, I’ve recently been looking for info approximately this subject for a long time and yours is the best I have found out so far. However, what in regards to the bottom line? Are you positive about the source?

  3. halo kak berkunjung balik nih, haseeek ada fotografer handal nih, bisa minta tongbro ntar (tolongin dong bro :p) kalau saya edit foto seringnya pakai 2 software teratas, snapseed dan vsco, tapi kalau fotonya terasa sudah oke paling gak diedit lagi 😀

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *