Kembali lagi Di LangkahDody, kali ini Gue akan membahas tentang cara mudah, nyaman, dan hemat ke Bandara Soekarno Hatta. Kita tahu bahwa Bandara Soekarno Hatta ini terletak di Tangerang, Banten. Banyak alternatif tranportasi yang bisa kita gunakan untuk sampai ke Bandara Soekarno Hatta. Mulai dari Bus DAMRI, taksi konvensional, taksi online, mobil pribadi bahkan kita bisa menaiki bus KOPAJA no 95 dilanjutkan ojek. Tapi baru-baru ini pemerintah menyediakan transportasi baru menuju bandara yang diberi nama Railink.

Saat ini Railink tersedia di tiga stasiun yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper, dan tentu saja Stasiun Bandara. Berita terupdate setelah Gue memperbaharui artikel ini sudah dibuka dari Stasiun Manggarai dan Stasiun Duri. Railink mempunyai 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang. Railink beroprasi mulai pukul 4.00 WIB sampai dengan 21.51 WIB keberangtan dari Stasiun Sudirman Baru/ BNI City. Lama tempuh dari Stasiun Sudirman Baru/ BNI City ke Stasiun Bandara adalah 54 Menit. Untuk jadwal keberangkatan setiap kereta berselang kurang lebih 30 menit sekali jalan. Untuk tarifnya sendiri kereta ini memasang tarif Rp 75.000,- sekali jalan dari Stasiun Sudirman Baru/ BNI City ke Stasiun Bandara. Bagaimana menurut kamu apakah cukup masuk akal? kalau tidak yuk simak paragraf selanjutnya.

Cara mudah dan hemat ke Bandara Soekarno Hatta dari Jabodetabek

Kali ini Gue memberikan pilihan ke Bandara Soekarno Hatta dengan tarif lumayan terjangkau, tetapi harus dilihat waktu kalian juga ya. Ternyata untuk ke Bandara kita bisa menaiki KRL ke Stasiun Batu Ceper dan dilanjut menaiki Railink. Dari Batu Ceper ke Stasiun Bandara hanya 15 menit saja. Untuk tarifnya cukup terjangkau, kalian hanya mengeluarkan uang Rp 35.000,- dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara. Bagi kalian pengguna KRL Jabodetabek pasti tahu untuk menuju Stasiun Batu Ceper. Stasiun Batu Ceper terletak di Brown Line Jurusan Stasiun Duri – Stasiun Tanggerang. Jadi Kalian yang dari Bogor , Bekasi, RangkasBitung, Kota, dan Satsiun Lainnya bisa menuju Stasiun Duri dulu ya lalu menuju stasiun Batu Ceper.

Stasiun Batu Ceper untuk KRL dan Railink ini berbeda tempat. Saat ini masih dalam pembangunan, tetapi nantinya ada jembatan penghubung antara dua stasiun tersebut. Untuk berita terbaru, bahwa saat ini stasiun sudah jadi dan ke dua stasiun ini sudah terhubung. Apabila kalian sudah sampai Stasiun KRL Batu Ceper kalian tinggal naik ke jembatan penghubung tanpa harus keluar Stasiun KRL dan bisa langsung menuju Stasiun Railink. Kalian bisa langsung membeli tiket di tempat atau bisa membeli Online di sini. Pembelian online banyak promonya loh Langkahku, promo terupdate bisa cek di sini.

Tempat menunggu Railink di Stasiun Kereta Bandara Batu Ceper.
Tempat menunggu Railink di Stasiun Kereta Bandara Batu Ceper /foto: Dokumentasi Pribadi

Sekilas Tentang Stasiun Railink Batu Ceper

Ketika Langkahku sampai ke Stasiun Railink Batu Ceper, Langkahku akan disambut oleh petugas penjaga tiket vinding Mechin. Oiya untuk menaiki Railink kita hanya bisa menggunakan 2 cara pembelian yaitu melalui Online dan melalui Fiding Mesin Non Tunai. Jadi pembayarannya tidak menggunakan Cash ya, hanya bisa menggunakan Non Tunai seperti, debit, kredit, link aja dan E-money. Selesai membeli di mesin tiket, Langkahku bisa menunggu kereta di ruang tunggu stasiun dan tidak diperbolehkan memasuki peron Railink. Nanti akan ada Informasi jika kereta sudah tiba. Untuk tiketnya tertera waktu perjalanan dan juga barcode yang harus di scan sebagai akses memasuki peron. Dan ingat tiketnya jangan kalian buang karena ketika Langkahku sampai di Stasiun Bandara tiket tersebut akan di scan kembali di pintu keluar peron Stasiun Bandara.

Lobi utama Stasiun Railink Batu Ceper, kalau mau hemat ke Bandara Soekarno Hatta mampir ke sini dahulu.
Lobi utama Stasiun Railink Batu Ceper, kalau mau hemat ke Bandara Soekarno Hatta mampir ke sini dahulu /foto: Dokumentasi Pribadi

Interior Dalam Kereta Railink

Sekarang Gue akan membahas penampakan kereta dan ada fasilitas apa saja si di dalam Railink. Jadi terdapat nomor bangku tetapi kita boleh memilih sesuka hati kita mau duduk dimana saja (untuk saat ini), tidak di tentukan. Terus ada toilet di masing-masing ujung railink ini. Lalu ada Colokan USB yang bisa kita gunakan untuk mengisi baterai HP kita di setiap Bangku. Bangku yang nyaman, Tempat menaruh bagasi di setiap gerbong. Di Railink juga dilengkapi penyejuk udara beserta layar televisi informasi, sehingga kita tidak kepanasan di dalam kereta.

Tempat duduk yang nyaman dan udara yang sejuk akan menemani perjalanan kamu menuju Bandara Soekarno Hatta.
Tempat duduk yang nyaman dan udara yang sejuk akan menemani perjalanan kamu menuju Bandara Soekarno Hatta /foto: Dokumentasi Pribadi
Tersedia colokan USB di setiap bangku yang kita duduki, jadi gak kawatir lagi kehabisan baterai ponselmu.
Tersedia colokan USB di setiap bangku yang kita duduki, jadi gak kawatir lagi kehabisan baterai ponselmu /foto: Dokumentasi Pribadi

Sesampainya di Satsiun Bandara Kita akan melihat toko-toko makanan dan vinding mesin chek in pesawat maskapai dalam negeri. Kalau Langkahku tidak membawa bagasi, Langkahku bisa cek in di mesin ini. Untuk yang ingin Ke Terminal 1, 2 dan 3, Langkahku bisa melanjutkan menaiki skytrain yang berada di lantai 2. Langkahku cukup berjalan lurus dan langsung menaiki eskalator menuju lantai 2 untuk menunggu skytrain. Stasiun Bandara terletak di antara terminal 1 dan terminal 2. Untuk menaiki skytrain ini gratis dan tidak di pungut biaya dan ada jadwal kedatangan dan keberangkatan juga sekitar 5 sampai 10 menit waktu tunggu.

Untuk Jadwal update keberangkatan kereta Railink , Langkahku bisa akses di sini. Sekali lagi Gue mengingatkan bahwa untuk cara ini Langkahku bisa lakukan apabila mempunyai waktu keberangkatan yang cukup panjang. Jadi antisipasi ketinggalan pesawat bisa teratasi. Sekian review perjalanan Gue menaiki Railink ke Stasiun Bandara, apabila ada pertanyaan, Langkahku bisa tulis di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk baca kisahku di sini dimana Gue menonton Tari Kecak Di Pura Uluwatu.

Stasiun KA Bandara Soekarno Hatta Jakarta yang sangat bersih dan rapih sebagai perhentian terakhir yang tersambung dengan skytrain
Stasiun KA Bandara Soekarno Hatta Jakarta yang sangat bersih dan rapih sebagai perhentian terakhir yang tersambung dengan skytrain /foto: Dokumentasi Pribadi

You might also enjoy:

3 Comments

  1. Thanks , I’ve just been looking for information about this topic for ages and yours is the greatest I have discovered till now. But, what about the bottom line? Are you sure about the source?

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *