Indonesia negeri yang indah. Semua keindahan tersedia disini. Mulai dari pantai, gunung, air terjun, danau sampai jalanpun semua indah bahkan dijadikan objek wisata. Saya adalah salah-satu orang yang beruntung bisa lahir dan tinggal di Indonesia.

Berfoto di Kebun Tembakau Sebagai Hasil Kebun Warga Parakan.

Beberapa saat yang lalu Langkahdody mengunjungi tempat yang merupakan kampung halaman Langkahdody. Tepatnya di Parakan, Temanggung, Jawa Tengah. Daerah Parakan ini merupakan daerah dataran tinggi berhawa sejuk dan pastinya suasana pedesaan masih begitu terasa. Parakan terkenal dengan perkebunan tembakau dan cengkehnya serta ayam cemaninya yang mana ayam tersebut disekujur tubuhnya berwarna hitam pekat. Selain itu yang paling terkenal dari Parakan adalah daerah yang dikelilingi gunung seperti gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung, Andong dan Gunung Merapi.

Suasana Sejuk nan Asri membuat Embung Kledung disamakan dengan danau Kawaguchi Di Jepang

Ada yang tahu Danau Kawaguchi di Jepang? Ituloh danau yang mempunyai keindahan karena pemandangannya langsung menghadap Gunung Fuji. Ternyata di Indonesia juga ada loh yang seperti Danau Kawaguchi. Ya walaupun hanya mirip tapi gak kalah indah kok. Tempat ini bernama Embung Kledung. Embung Kledung terletak di Desa Tlahap, Kledung Parakan Jawa Tengah. Embung ini mempunyai pemandangan bukan hanya satu gunung tetapi dua gunung yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Embung Kledung ini adalah wadah penampungan air hujan dimana apabila musim kemarau embung ini dimanfaatkan untuk pengairan, sumber mata air dan dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Nah karena keindahannya ini, Embung Kledung sekarang dijadikan objek wisata oleh warga setempat. 

Adiknya dari Danau Kawaguchi di Jepang , sekarang dijadikan tempat wisata  oleh warga setempat.

Embung Kledung ini mempunyai pemandangan yang manakjubkan. Apabila kita datang pagi hari, sang mentari akan muncul dari balik Gunung Sumbing dan apabila kita datang sore hari, mentari akan terbenam di balik Gunung Sindoro. Tidak hanya itu Embung Kledung ini mempunyai air yang jernih melengkapi suasana yang tenang. Ikan-ikan yang dipelihara oleh warga sekitarpun menambah kesan alami. Hamparan kebun bakau dan pohon cemara benar-benar membuat ketenangan hati. Hawa sejuk pun dan udara bersih membuat kita betah berlama-lama di Embung ini.

Air jernih embung ini dimanfaatkan untuk kebutuhan air warga setempat pada musim kemarau.

Untuk mencapai embung ini kamu bisa menaiki mini bus dari terminal Wonosobo Mendolo ke arah parakan/ temanggung. atau sebaliknya dari Parakan ke arah Wonosobo melalui jalan raya Parakan Wonosobo. Nanti ada petunjuk di sisi kiri jalan kalau dari Wonosobo atau sisi kanan dari arah Parakan bertuliskan Embung Kledung. Dari jalan raya kita bisa jalan kaki sekitar 10 menit atau bisa menggunakan ojek untuk menuju pintu masuk wisata. Tiket masuk wisata ini adalah Rp 5.000,-. Di area ini terdapat warung jajan, toilet, tempat parkir mobil atau motor. Nah buat kamu yang hendak kemari bisa memakai alas kaki yang nyaman ya karena jalanannya yang berbatu dan masih tanah. Nah jadi ada refrensi baru lagi nih untuk liburan kamu di awal tahun 2019. Sampai jumpa di langkah dody selanjutnya ya.

Peta lokasi menuju Embung Kledung Tlahap Jawa Tengah

2 Comments

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *