Hai Langkahku, pada hari Rabu dan Kamis tanggal 11-12 Desember 2019 kemarin, Gue menghadiri acara yang diadakan oleh Kemeterian Perindustrian. Acara ini diadakan di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Setiap tahunnya @ditjenikma mempersembahkan acara bagi para pelaku IKMA sebagai bentuk apresiasi tehadap kinerja industri penopang ekonomi kerakyatan. Acara ini diberi nama “Semarak Festival IKMA 2019” bertajuk Transformasi IKMA 4.0. Kegiatan ini merupakan langkah konkret Kemenperin untuk terus berupaya meningkatkan daya saing produk serta sumber daya manusia.

Di acara kali ini, Kemenperin memberikan apresiasi atas kontribusi pelaku IKM dalam peningkatan daya saing industri nasional. Apresiasi ini diberikan kepada Startup4Industry & Desain Indonesia Footwear Creative. Ada 20 kategori fasilitasi yang dilakukan pada acara Semarak Festival IKMA. Tidak hanya itu di Semarak IKMA 2019 terdapat juga Seminar edukasi & Pameran Startup yang telah menjadi pemenang.

Gue hadir di acara Semarak Festival IKMA 2019 Transformasi IKMA 4.0  di Balai Kartini.
Gue hadir di acara Semarak Festival IKMA 2019 Transformasi IKMA 4.0 di Balai Kartini /foto: Dokumentasi Pribadi

Pembukaan Acara Semarak IKMA 2019

Acara Pembukaan Semarak IKMA 2019 dibuka dengan pemanpilan tari daerah yang begitu energik dan keren banget. Kemudian Hadirin dipersilahkan untuk berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selesai menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara dimulai dengan berdoa. Nampak ratusan orang menemati meja yang telah disediakan di Raflessia Ballroom, Balai Kartini .

Setelah berdoa hadirin mendengarkan sambutan dari Bapak Menteri Perindustrian yaitu Bapak Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa Semarak Festival IKMA 2019 menjadi bagian tugas dan fungsi Kemenperin untuk semakin menumbuhan dan mengembangkan sektor IKMA. Tujuan lainnya adalah memberikan visualisasi atas hasil yang sudah dilaksanakan oleh Kemenperin, khususnya terhadap kemajuan IKMA di Indonesia. Kemenperin mencatat, IKM merupakan sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia, yang selama ini berperan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Jumlah IKM hingga kini telah melampaui 4,4 juta unit dan menyerap tenaga kerja lebih dari 10,1 juta orang.

Setelah Bapak Menteri menyampaikan sambutan barulah Dirjen IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih menyampaikan sambutannya. Ibu Gati mengatakan bahwa acara ini merupakan persembahan kepada sektor IKMA yang bersungguh-sungguh meningkatkan daya saingnya. Melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk bertransformasi menuju IKMA 4.0.

Sambutan Bapak Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. dipembukaan Semarak IKMA 2019.
Sambutan Bapak Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. dipembukaan Semarak IKMA 2019 /foto: Dokumentasi Pribadi

Memberikan penghargaan sampai penandatanganan perjanjian kerja sama

Melalui Ditjen IKMA menyerahkan penghargaan Startup4Industry, dan Penghargaan Lomba Desain Indonesia Footwear Creative Competition. Penghargaan ini diberikan kepada IKMA maupun yang mendukung kemajuan IKMA. Kemudian menyerahkan beberapa fasilitasi terkait pengembangan produk dan juga penguatan SDM IKMA, serta adanya perjanjian kerja sama dengan beberapa pihak dalam rangka penguatan IKMA.

Pada rangfkaian acara, Ditjen IKMA memfasilitasi untuk Pengembangan SDM seperti Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Kerja Barista, Pakaian Jadi, Teknis Reparasi AC dan Finishing Mebel Kayu. Selain itu, akan dilaksanakan Pengukuhan Asosiasi Printer Tiga Dimensi Indonesia, yang memiliki visi untuk membantu produk Indonesia agar dapat bersaing dan kompeten di dunia internasional. Bahkan, bakal digelar penandatanganan perjanjian kerja sama antara Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI), yang merupakan unit kerja dibawah Ditjen IKMA, dengan PT Panatrade Caraka selaku produsen sepatu lokal terkemuka.

Penyerahan penghargaan terhadap startup yang telah melakukan transformasi 4.0
Penyerahan penghargaan terhadap startup yang telah melakukan transformasi 4.0 /foto: Dokumentasi Pribadi

Talksahow di IKMA 2019 dengan narasumber yang ahli di bidangnya

Di acara Semarak IKMA 2019 terdapat acara talkshow dengan tema “Transformasi IKMA 4.0” yang akan banyak membahas mengenai beberapa isu yaitu bagaimana situasi revolusi industri keempat selama ini, hasil penerapan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index di Sektor Aneka, hasil pemetaan menuju implementasi Making Indonesia 4.0 di Sektor IKMA, serta tentang teknologi pendukung revolusi industri keempat.

Salah-satu ssi talkshow yang diharapkan untuk mengedukasi masyarakat tentang teknologi di era revolusi 4.0.
Salah-satu ssi talkshow yang diharapkan untuk mengedukasi masyarakat tentang teknologi di era revolusi 4.0 /foto: Dokumentasi Pribadi

Jalan-jalan di pameran Startup sekaligus belajar

Di Semarak IKMA 2019 juga terdapat pameran edukasi kepada pengunjung yang hadir. Terdapat puluhan startup yang memamerkan produknya. Dan startup ini juga menjadi peraih penghargaan dalam Semarak IKMA 2019.

Bapak Menteri di temani Ditjen IKMA mengunjungi pameran yang ada di Semarak IKMA 2019.
Bapak Menteri di temani Ditjen IKMA mengunjungi pameran yang ada di Semarak IKMA 2019 /foto: Dokumetasi Pribadi

Dengan adanya program “Transformasi menuju IKMA 4.0”, diharapkan Indonesia semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Di acara ini juga Gue sempat mewawancarai Ibu Gati secara ekslusif di kanal Youtube Gue di sini. Buat Langkahku yang ingin tahu startup yang telah menerapkan teknologi di era revolusi 4.0 ini bisa cek artikel Gue di sini.

Berswafoto dengan Ibu Gati selaku Ditjen IKMA 2019 dan Gue berhasil mewawancari Beliau di Vlog Gue
Berswafoto dengan Ibu Gati selaku Ditjen IKMA 2019 dan Gue berhasil mewawancari Beliau di Vlog Gue /foto: Dokumentasi Pribadi

You might also enjoy:

2 Comments

    1. Wah terima kasih kak sudah berkunjung ke blog saya, semoga tahun depan bisa datang dan bisa bertemu di acara ini kak hehhehe

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *