Hai Langkahku, anak pantai lagi mau nulis trip yang kali ini dekat dengan Jakarta nih, dimana hayoo? harusnya sih kalian tau nih. Pasti kalian kira pantai di Jakarta cuma pantai Ancol, atau kalo tidak Pantai Indah Kapuk ya? bercanda Langkahku jangan dimasukin ke hati masukin ke kantong aja, siapa tau dapet duit. Langsung ajalah Gue bercerita. Kali ini Gue mau main ke Pulau Seribu dekat banget dari Jakarta. Cuma ditempuh dalam waktu 1 s/d 2 jam dari Jakarta. Pulau yang Gue kunjungi Pulau Kelor, Pulau Onrush dan Pulau Chipir. Ke tiga pulau ini lagi ngehits banget dikalangan anak muda Jakarta, maka dari itu banyak banget Open trip bergelimpangan di sosial media menawarkan paket One Day trip Ke 3 Pulau tersebut. Tapi Gue mau bercerita pengalaman Gue dengan hanya berbekal seratus ribu sudah bisa ke Pulau Seribu, Murah kan?

Kali ini Gue bukan ikut open trip Langkahku, tetapi Gue ikut trip bersama komunitas Gue yaitu BLI (Backpacker Lounge Indonesia) seperti biasa trip ini dibuka untuk keluarga BLI saja jadi yang mengetahui informasi trip ini hanya anggota BLI. Memang apa bedanya sama open trip yang lain? lu tanya Gue jawab Guys. Bedanya Gue cuma bayar Rp 60.000,- ke tiga pulau. Murah pake bingit kan bayar cuma Rp 60.000 sudah bisa main kepulau. Terus apa lagi yang beda? yang pasti anak-anaknya gokil abis deh. Berasa trip keluarga walupun Gue gak banyak yang kenal tapi dirangkul banget kalau di BLI. Yang bawa makanan saling bagi yang bawa cinta gak saling bagi, yaiyalah yang punya cinta cuma yang punya pasangan lah Gue JOMBLO ahhahahaha. Langsung aja ya Gue mulai ceritanya trip Gue ke 3 Pulau ini.

Foto bersama di Pulau Onrush dalam perjalanan Ke Pulau Seribu Murah bersama BLI.
Foto bersama di Pulau Onrush dalam perjalanan Ke Pulau Seribu Murah bersama BLI /foto: Dokumentasi Pribadi

Cara paling cepat ke Pulau Seribu murah dari Pelabuhan Muara Kamal

Minggu pagi tanggal 24 Januari 2016 semua anggota trip diwajibkan datang ke meting point pukul 07.00WIB . Kali ini meting pointnya di Pelabuhan Muara Kamal. Di mana si Pelabuhan Muara Kamal? Pelabuhan Muara Kamal beralamat di Kamal Pantai, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470. Banyak cara menuju dermaga tersebut 

  • Via Comuterline: Turun di Stasiun Rawa Buaya langsung naik mobil cary plat hitam menuju pelabuhan muara kamal.
  • Via Trans Jakarta: Turun di Halte Rawa Buaya langsung naik mobil cary plat hitam menuju pelabuhan muara kamal
  • Naik Ojek Online: Samain saja petanya, nanti abang ojek bakal menuju langsung ke Dermaga.
  • Naik Bus Umum: Seluruhnya jurusan Kalideres turun di lampu merah cengkareng lanjut naik cary plat hitam menuju muara kamal. 
Peta menuju Pelabuhan Muara Kamal dalam trip ke Pulau Seribu Murah bersama BL
Peta menuju Pelabuhan Muara Kamal dalam trip ke Pulau Seribu Murah bersama BLI /foto: Google Maps

Cerita trip ke Pulau Seribu murah

Menuju meeting point

Cuaca pagi ini lagi gak bersahabat guys, mau mantai malah hujan. Gue janjian sama Bang Dami di KFC Gang Macan buat sarapan dulu. “Galau ini mau jalan apa batal nih Bang?” Bang Dami menjawab “Tunggu Dod kita japri anak-anak satu-satu.” Ternyata anak BLI itu kalo udah niat ga bisa dilawan deh hujan deras jalan terus, akhirnya Gue Bang Dami dan lainnya ketemuan di lampu merah Cengkareng. Saat itu yang bertemu di lampu merah Cengkareng Gue, Bang Dami, Om Dedi, Edi, Dicky, Nita, Yaya, Lia dan ada orang india ikut trip kita kali ini yaitu Ramy. Hujan mulai sedikit henti reda tapi masih gerimis.

Pukul 08.00WIB menuju pelabuhan Muara Kamal dengan menggunakan mobil cary plat hitam. Biayanya cuma Rp 4000,-/orang. Sesampainya di sana ternyata anak BLI sudah menunggu ada sang CP Litha, Inces, Mak Yuyun, Dhani, Dhila, Rizal, Hartono, Abeth, Leha. Leo, Lia, aduh masih banyak deh temen-temen lainnya yang Gue lupa namanya saking banyaknya yang ikut. Di Pelabuhan tersebut akhirnya kami berkenalan satu sama lainnya. Jadilah keluarga baru kita semua.

Peserta trip ke Pulau Seribu Murah bersama BLI menyewa 1 kapal tradisional seharian
Peserta trip ke Pulau Seribu Murah bersama BLI menyewa 1 kapal tradisional seharian /foto: Dokumentasi Pribadi

Menuju Pulau Pertama Pulau Onrush

Waktu menunjukan Pukul 09.00WIB saatnya kita menaiki kapal. Cie-cie naik kapal ke pulau akhirnya jadi juga setelah drama pagi itu. Pulau pertama yang kita kunjungi adalah pulau Onrush. Pulau yang hanya ditempuh dalam waktu 30 menit dari dermaga. Di Pulau ini terlihat bangunan-bangunan peninggalan penjajah Belanda seperti benteng dan pelabuhan kuno. Pulau-pulau lain di sekitarnya seperti Pulau Bidadari (dahulu bernama Pulau Sakit), Pulau Cipir (Pulau Kahyangan) dan Pulau Kelor dibangun untuk menjadi pendukung pulau ini. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust.

Foto bersama anak-anak BLI di Pulau Onrush
Foto bersama anak-anak BLI di Pulau Onrush /foto: Dokumetasi Pribadi

Terdapat pula sebuah makam yang konon kabarnya merupakan makam dari pemimpin pemberontakan. Yang namanya BLI kalo yang horor-horor malah didatangin. Saking beraninya ada pohon beringin di sana dijadikan objek foto kita, ala ala American Next Top Model Gitu. Di Pulau Ini banyak kegiatan yang kami bisa lakukan mulai dari duduk santai, main ayunan, foto-foto dan bisa mengunjungi museum juga loh. Disini juga terdapat masjid dan warung makan. Kebetulan waktu sudah menunjukan pukul 12.00WIB saatnya kita makan siang nih Langkahku dan shalat dzhur yuk solat dulu makan dan lanjuti foto-foto lagi. Oiya warung makan di salah-satu Pulau Seribu ini murah harganya.

Foto di komplek pemakanan yang ada di Pulau Onrush bersama peserta trip
Foto di komplek pemakanan yang ada di Pulau Onrush bersama peserta trip /foto: Dokumentasi Pribadi

Menuju Pulau Kelor pulau ke dua

Saat ini sudah pukul 13.00 WIB dan pulau kedua yang kita kunjungi adalah Pulau Kelor dalam rangka ke pulau seribu murah ini. Jarak Pulau Onrush ke Pulau Kelor hanya 20 Menit saja. Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kherkof merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Di sini juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda. Ikon dari pulau ini adalah Benteng Martello. Benteng ini sangat dikenal di masyarakat Jakarta Khusunya karena banyak dipakai buat tempat foto Praweding. Ini adalah Benteng Martello 1 dan Benteng Martello II nya ada di sini.

Berfoto dengan latar belakang Benteng Martello (saat saya pertama kali ke sini masih bisa naik ke atas, sekarang sudah tidak boleh dikarenakan bangunan rapuh
Berfoto dengan latar belakang Benteng Martello (saat saya pertama kali ke sini masih bisa naik ke atas, sekarang sudah tidak boleh dikarenakan bangunan rapuh /foto: Dokumentasi Pribadi
Berfoto dengan latar belakang tulisan Pulau Kelor bikin tambah semngat explore ke Pulau Seribu Murah
Berfoto dengan latar belakang tulisan Pulau Kelor bikin tambah semngat explore ke Pulau Seribu Murah /foto Dokumentasi Pribadi

Pulau ke tiga ke Pulau Cipir

Lanjut ya Guys, Waktu sudah Pukul 15.00WIB ni kayanya sudah sore, saatnya kita meninggalkan Pulau Kelor kita lanjut ke pulau terakhir yaitu Pulau Cipir. Waktu perjalannnya ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Pulau Cipir merupakan lahan bekas rumah sakit untuk perawatan dan karantina penyakit menular bagi para jemaah haji pada tahun 1911-1933, Pulau Onrust dan Cipir dipergunakan sebagai pusat karantina haji. Para jemaah seluruh Indonesia yang ingin naik haji dipusatkan dahulu di sini. untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan jika ada yang sakit akan dirawat dahulu. Makanya tidak heran ketika turun dari kapal kita disuguhkan dengan bangunan-bangunan tua yang tidak beratap dan banyak jendela.

Berfoto dengan latar belakang tulisan Pulau Kelor bikin tambah semngat explore ke Pulau Seribu Murah
Berfoto dengan latar belakang tulisan Pulau Kelor bikin tambah semngat explore ke Pulau Seribu Murah /foto: Dokumentasi Pribadi

Pulau Cipir cukup luas Langkahku. Fasilitas yang ada dalam pulau ini terdapat warung, gazebo, toilet, tempat duduk santai, menara pandang serta pantai yang bisa kita gunakan buat renang manja. Warung disini juga menjual makanan siap saji loh. Kalau kalian lapar bisa jajan di warung sini atau sekedar minum es kelapa muda sambil menikmati suasana laut dan deru ombak kepulauan seribu. Pulau Cipir menurut Gue pulau yang esotik. disini banyak bangunan yang bisa dijadiin spot foto. Pokoknya kalian wajib kesini deh. Kalau sudah Foto anak BLI tuh ga mau melewati nya deh. Pukul 16.30 WIB saatnya kita menuju pantai. Sebagaian anak BLI langsung nyebur, sebagian lagi hanya bisa menikmati suasan di pulau ini. Mau lihat keseruan di Pulau Cipir? nih Gue kasih lihat foto-fotonya.

Sebelum meninggalkan Pulau Cipir kita berfoto disalah satu meriam terkenal di sana
Sebelum meninggalkan Pulau Cipir kita berfoto disalah satu meriam terkenal di sana /foto: Dokumentasi Pribadi

Kesimpulan perjalanan ke Pulau Seribu murah kali ini

Waktu menunjukan Pukul 17.30 WIB saatnya kita kembali ke Dermaga Muara Kamal. Kami bergegas naik ke perahu karena semakin sore ombak semakin tinggi. Semua teman teman BLI cukup senang dalam perjalanan kali ini. Dengan niat dan tekat yang kuat semua masalah bisa diselesaikan. Pukul 18.00 WIB kami telah sampai di dermaga dan langsung menuju rumah masing-masing. Untuk kamu yang ingin tahu Komunitas BLI itu apa bisa cek instagramnya di @backpackerloungeindonesia. Jangan lupa juga buat ikuti instagram Gue di @Langkahdody untuk mengetahui update perjalanan Gue.

Perincian Biaya

  • Rumah – Halte Trans Jakarta Rawa Buaya PP Rp 7.000,-
  • Mobil Carry Cengkareng – Muara Kamal Rp 4000,-
  • Sewa Perahu 3 Pulau, Tiket Masuk 3 Pulau dan Tips Guide Rp 60.000,- Kordinir by BLI
  • Makan siang di Pulau Onrush Rp 15.000,-
  • Minum Es Kelapa di Pulau Cipir Rp 10.000
  • Jajan Cemilan di Pulau Cipir Rp 3.000,-

Total Pengeluaran Rp 99.000,- (Kordinir by BLI *tahun 2016)

Anda mungkin juga menyukai:

1 Komentar

  1. I?m impressed, I must say. Really rarely do I encounter a blog that?s both educative and entertaining, and let me tell you, you have hit the nail on the head. Your idea is outstanding; the issue is something that not enough people are speaking intelligently about. I am very happy that I stumbled across this in my search for something relating to this.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *