Langkahku saat ini teknologi semakin maju dan semakin memudahkan manusia. Namun disisi lain, ancaman terhadap keamanan penggunaan teknologi juga semakin meningkat. Tidak perlu paranoid atau khawatir yang berlebihan, yang penting tetap hati-hati dan waspada. Yuk Langkahku, sayangi data pribadimu mulai sekarang, sebab privacy adalah privilege yang tidak akan pernah bisa ditukar dengan nominal berapa pun. Keamanan data itu penting, apabila data tersebar bisa jadi disalahgunakan. Data yang tersebar bisa menjadi target penipuan, kehilangan pekerjaan bahkan persekusi. Belum lagi, kemungkinan pengiriman malware dan virus melalui email. Jika data sudah tersebar akan sangat sulit untuk menanggulanginya.

Dari segi bisnis, kebocoran ini tentu saja menurunkan kredibilitas perusahaan. Mengindikasi adanya kelalaian dalam menjalankan tanggungjawab. Kurangnya keamaan informasi, kerahasiaan bisnis, dan bahkan kepercayaan pengguna/klien. Untuk itu untuk hadirlah ISO 27001 yang merupakan standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi yang memberikan gambaran secara umum mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan.

Standar Managemen Keamanan Data Melalui ISO 20071

Langkahku Di era digital seperti saat ini, perusahaan harus mampu mengamankan data informasi dengan mengantongi sertifikasi keamanan digital ISO 27001. ISO 27001 ini merupakan standard managemen untuk memberikan tata cara mengelola informasi dengan tujuan melindungi keamanan aset-aset informasi organisasi seperti informasi finansial, aset intelektual, data karyawan termasuk data-data pihak ketiga. Sertifikasi ISO 27001 sendiri menjadi bukti bahwa sebuah organisasi punya tata kelola yang baik dalam hal penanganan manajemen keamanan informasi atau dikenal Information Security Management Systems (ISMS).

Secara internal, ISO 27001 dibutuhkan untuk melindungi organisasi dari ancaman keamanan dan gangguan aset informasi agar dapat melindungi privasi dan integritas data atau informasi. Sehingga bisa menghindari kerugian finansial sebagai akibat gangguan keamanan informasi, dan dapat memberikan kultur baru kepada semua karyawan/organisasi terhadap kesadaran informasi. Sementara untuk eksternal, ISO 27001 dibutuhkan guna meningkatkan reputasi perusahaan, memberikan nilai persaingan lebih, serta mendukung program pemerintah atau pihak ketiga dalam bidang keamanan data, khususnya di dunia maya.

Pencapaian eCentrix Meraih ISO 27001 Untuk Keamanan Data

Ikut bangga dengan PT. Intelix Global Crossing perusahan Lokal yang memiliki brand eCentrix baru saja menerima sertifikasi ISO 27001 sebagai bukti penerapan standar keamanan informasi terbaik yang didukung oleh penilaian independen dari para ahli dan mampu menjaga kerahasiaan, integritas, ketersediaan informasi serta mengendalikan risiko keamanan informasi pada perusahaan. Bertempat di Hotel JS Luwansa tanggal 9 Juni 2022, penyerahan sertifikasi ISO 27001 langsung dilakukan oleh Managing Director BSI Bapak Herry Saputra dan Senior Commercial Director BSI Ibu Nolia Natalia, kepada Chief Executive Officer eCentrix Bapak Wayan Eka Nugraha dan Managing Director eCentrix Bapak Agung Susanto. Ikut menyaksikan Consultan ISO 27001 PT. Ahlindo Konsulasri Bapak Ambar Setyohadi.

Proses yang dibutuhkan eCentrix dalam mendapatkan sertifikasi ISO 27001 kurang lebih 1,5 tahun (sejak awal 2020) dengan tahapan proses mengundang konsultan, melakukan assessment, merancang action plan, eksekusi, audit internal, audit eksternal. Dengan penerimaan sertifikasi ISO 27001, PT Intelix Global Crosing yang memiliki Brand eCentrix bisa meningkatkan kepercayaan Client exiting maupun calon client sehingga akan meningkatkan penjualan.

Sekilas Tentang eCentrix

PT. Intelix Global Crossing berdiri sejak tahun 2001. Kantor pusatnya berlokasi di Jakarta serta memiliki cabang di Bandung dan Surabaya. PT. Intelix Global Crossing merupakan perusahaan lokal penyedia solusi Contact Center System terbesar di Indonesia dengan nama brand eCentrix. Saat ini eCentrix juga memiliki beberapa solusi yaitu Predictive Dailing System, Omnichannel System, Collection System, Mobile Application System dan sebagainya.

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.