Hai Langkahku mau tanya nih. Siapa yang suka beli makanan atau minuman berdasarkan cashback atau promo padahal sebenarnya hal tersebut tidak terlalu dibutuhkan oleh kita. Kalau ia mulai sekarang harus mengurangi hal tersebut ya. Karena faktanya 10 sampai 22 juta kasus diare di Indonesia disebabkan oleh pangan tercemar? Dan ironisnya jajanan panganan siap saji menjadi penyebab ke dua keracunan pangan hingga 34%. Hal tersebut juga bisa menyebabkan penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, stroke dan obesitas. Mulai dari sekarang yuk kita hidup sehat dan makan makanan sehat.

Ngobrol asyik bersama Badan POM

Pada hari Sabtu, 9 Oktober 2019 bertempat di area parkir mitra terace jakarta selatan Gue menghadiri acara yang diselenggrakan oleh BPOM. Acara ini dilaksanakan untuk memperingati hari pangan sedunia serta mengajak milenial untuk mendapatkan informasi panganan sehat. Acara ini bertajuk Ngobrol Asyik Milenial bersama BPOM Makan sehat Ala Generasi Cerdas. Menghadirkan Dr.Ir.Penny K. Lukito, MCP selaku Kepala Badan POM. Kemudian ada Bapak Prof.DR. Purwiyanto Haryadi selaku Guru Besar Teknologi Pangan IPB dan hiburan dari Eclat Band.

Kemal Mochtar selaku pembawa acara dalam kegiatan ini mengajak para milenial yang hadir untuk mulai memakan makanan sehat.
Kemal Mochtar selaku pembawa acara dalam kegiatan ini mengajak para milenial yang hadir untuk mulai memakan makanan sehat /foto: Dokumentasi Pribadi

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan dilanjutkan dengan berdoa untuk kelancaran acara. Kemudian seluruh peserta sdiajak untuk senam otak. Dalam senam ini bukan hanya badan yang aktif tetapi pikiran juga harus fokus. Sepuluh menit berlalu acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan BPOM. Acara ini dihadiri oleh para Blogger dan anak-anak SMA di Jakarta. Terdapat berbagai macam hiburan dan perlombaan, sala-satunya adalah lomba yel-yel.

Lomba yel-yel antar SMA tentang makanan sehat

Dalam perlombaan ini masing-masing SMA diajak untuk menunjukan kebolehannya dalam membuat yel-yel tentang makanan sehat. Terdapat 5 SMA di jakarta yang ikut dalam kompetisi ini. Satu-persatu para peserta maju ke atas panggung. Seluruh peserta menampilkan yel-yel dengan sangat baik. Ada yang memakai properti pamflat, membawa spanduk sampai membawa alat musik. Semua tampilan para peserta dinilai oleh panitia dari BPOM. Dan pemenang akan di umumkan diakhir acara.

Aksi Para Peserta dari SMA di Jakarta saat menampilan yel-yel makanan sehat.
Aksi Para Peserta dari SMA di Jakarta saat menampilan yel-yel makanan sehat /foto: Dokumentasi Pribadi

Berbagi info tentang makanan sehat

Menyikapi tentang kondisi yang sekarang dengan adanya makanan dan minuman hits atau instagramble, BPOM menyarankan agar tidak berlebihan mengkonsumsinya. Dengan adanya acara ini BPOM mengajak millenials yang hadir untuk ikut mengkampanyekan hidup sehat. Makanlah makanan yang sehat karena makanan sehat itu tidak selalu yang tidak enak atau tidak ada rasa. Permasalahan tentang pangan ini sangat serius karena dampaknya langsung pada tubuh kita.

Ada beberapa peran yang dilakukan Badan POM agar memaksimalkan kinerjanya, yaitu:

  • Mempunyai 34 kantor BPOM dan 40 balai lokal.
  • Pengawasan panganan dalam kaleng Cek KLIK (adanya label izin edar, kedaluwarsa, nilai gizi).
  • Kerjasama dengan idEA dan beberapa platform seperti Gofood dan Grabfood.
  • Meluncurkan aplikasi mobile Cek BPOM yang bisa di unduh di ponsel Android dan IOS
  • Mengadakan acara talkshow, seminar, workshop tentang pangan sehat
  • Menyediakan kontak center yang bisa di akses oleh masyarakat luas melalui websitenya di pom.go.id , instagramnya di @bpom_ri , Facebook di BpomRI dan twitter di @bpom_ri serta bisa menghubungi Halo BPOM di 1500533

Badan POM juga menyarankan kepada Millenials yang hadir untuk selalu berfikir kritis. Artinya mampu menganalisa dan mengevaluasi suatu isu untuk membentuk suatu opini yang berasal dari pikiran kita sendiri.

Ada beberapa proses dalam berpikir kritis yaitu

  • Sebelum kita membeli makanan kita harus membentuk pola pikir kita dengan pertanyaan.
    • Ingatlah konsep 5W 1H ( What,Who,Where, When, Why, dan How)
  • Kumpulkan informasi apabila kita hendak memakan sesuatu
    • Cari informasi ditempat yang tepat dan sebanyak-banyaknya
  • Evaluasi informasi yang sudah didapatkan jangan langsung action ya.
    • Nilai informasi yang sudah di dapatkan benar atau tidak? sumber informasinya apakah bisa dipercaya?
  • Pertimbangkan pengaruh dan informasi itu.
    • Pikirkan baik-baik pengaruh dari informasi di kehidupan nyata, apakah membawa hal baik atau buruk?
  • Explorasi sudut pandang lain.
    • Melihat dari sudut pandang lain termasuk sudut pandang lawan

Untuk di era sekarang ini BPOM mempunyai tantangan di mana makanan yang dijual itu secara online. Jadi masyarakat harus cerdas dalam mebeli produk makan online tersebut. Masyarakat juga harus berpikir kritis dalam pembelian panganan secara online.

Ini adalah tips dalam membeli produk pangan secara online yaitu dengan berfikir kritis dan memperhatikan hal berikut

  • Perhatikan informasi produk. Karena setiap produk yang diedarkan harus menjelaskan deskripsi/informasi produk pada kolom web nya.
  • Melihat nomor izin edar, mengandung alergen atau tidak, dan adanya umur simpan. Seandainya infromasi tidak lengkap terdapat fitur chat pada halaman web yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan infromasi tentang produk.
  • Jangan lupa download aplikasi Cek BPOM agar mudah mengidentifikasi produk apakah sudah terdaftar di BPOM atau belum.
Bapak Prof.DR. Purwiyanto Haryadi selaku Guru Besar Teknologi Pangan IPB  (kanan) Dr.Ir.Penny K. Lukito, MCP selaku Kepala Badan POM (tengah) membagikan informasi tentang makanan sehat.
Bapak Prof.DR. Purwiyanto Haryadi selaku Guru Besar Teknologi Pangan IPB (kanan) Dr.Ir.Penny K. Lukito, MCP selaku Kepala Badan POM (tengah) membagikan informasi tentang makanan sehat /foto: Dokumentasi Pribadi

Hiburan untuk para millenials

Setelah acara sharing seasson bersama Ibu Penny dan Bapak Purwiyanto para millenial di ajak untuk menjawab pertanyaan dari sumber yang telah disampaikan. Hadiah yang diperebutkan adalah 3 buah sepeda. Dengan berani anak-anak SMA menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Ibu Penny. Dan didapatlah 3 orang pemenang yang berhasil membawa pulang sepeda. Setelah pembagian sepeda saatnya mengumumkan lomba yel terbaik yang berhak mendapatkan perangkat olahraga. Lalu acara di akhiri dengan penampilan dari Eclat Band. Tidak hanya itu terdapat kejutan dari panitia kepada Ibu Penny karena hari ini bertepatan dengan ulangtahun Beliau. Dan semua Milenial hari itu bergembira ria menikmati acara dari awal sampai akhir.

Penampilan Eclat Band menghibur para milenials yang hadir.
Penampilan Eclat Band menghibur para milenials yang hadir /foto: Dokumentasi Pribadi

Kesimpulan Acara

Dengan diadakannya acara ini diharapkan para milenial dapat menyebarkan informasi yang didapat. Biasakan untuk mebiasakan diri dalam screening pangan. Kurangi karbo dari nasi dan bisa menggantinya dengan sorgum, jagung, sagu dan gandum. Perbanyak makan buah dan percaya dengan BPOM. Mulailah hidup sehat dari sekarang. Karena pola hidup yang menentukan hidup adalah di masa milenial ini. Sekian artikel dari Gue semoga bermanfaat. Apa bila ada pertanyaan boleh tulis di kolom komentar. Gue juga ada artikel tentang refrensi memilih daging, bisa cek artikelnya di sini.

You might also enjoy:

2 Comments

  1. […] Untuk PD PAL Jaya sendiri adalah perusahaan daerah milik Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di bidang: Jasa layanan pengolaan air limbah sistem perpipaan, Jasa layanan pengelolaan air limbah sistem setempat, dan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT). Cakupannya meliputi seluruh wilayah DKI Jakarta. untuk informasi lengkap dari PD PAL Jaya bisa kunjungi webnya di http://www.paljaya.com. Atau bisa follow akun sosial medianya yaitu youtube, facebook,dan instagram @pdpaljaya. Bagi Langkahku yang ingin mengetahui tentang penyebab lain penyakit diare bisa cek di sini. […]

  2. I like what you guys are up also. Such intelligent work and reporting! Keep up the excellent works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my site 🙂

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *