Sembalun dan Bukit Selong, sebuah daerah subur di kaki Gunung Rinjani. Terletak di Pulau Lombok sebelah timur. Udara sejuk nan ashri bisa kita dapatkan di Sembalun ini. Perbukitan, perkebunan, hamparan sawah bisa menyihir siapa saja yang datang ke Sembalun. Dahulu sembalun terkenal dengan perkebunan bawang, tidak hanya untuk kebutuhan dalam negeri tetapi bawang-bawang sembalun diekspor ke luar negeri karena kualitasnya yang terbaik

Sembalun banyak memiliki bukit-bukit yang mempesona dan pemandangan alam yang indah sedap dipandang mata. Banyak cara untuk menyaksikan kecantikan Desa Sembalun, salah satunya yaitu melihat eksotisme Sembalun dari puncak Bukit.

Sembalun adalah daerah yang sangat subur yang dikelilingi oleh bukit-bukit dan berada di Kaki Gunung Rinjani.
Sembalun adalah daerah yang sangat subur yang dikelilingi oleh bukit-bukit dan berada di Kaki Gunung Rinjani /foto: Dokumentasi pribadi

Melihat Sembalun dari Bukit Selong

Puncak bukit yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang indah berupa perbukitan. Hamparan sawah tersusun rapih, layaknya terasering namun dibuat mendatar. Pemandangan petak sawah yang berwarna-warni yang terlihat seperti karpet bisa membuat orang yang datang berdecak kagum. Terdapat juga Bukit Anak Dara sebagai latar belakang pemandangan sawah tersebut. Sehingga siapa saja yang pergi ke puncak bukit pasti akan terpesona dibuatnya. Sembalun juga terlihat dari atas Puncak Bukit loh Langkahku.

Melihat Sembalundari puncak Bukit Selong
Melihat Sembalundari puncak Bukit Selong /foto: Dokumentasi pribadi

Cara menuju Sembalun

Untuk menuju Sembalun kamu dapat melalui dua jalur yaitu lewat jalur timur atau jalur utara. Kalau lewat jalur timur, rute yang dilalui adalah kota Mataram lalu dilanjutkan ke arah Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Dan kalau memilih jalur utara, rute yang dilalui adalah dari kota Mataram menuju Senaru dan akan berujung di Desa Sembalun Lawang. Kalau kamu ingin ke Bukit Selong Dari Sembalun kamu bisa menaiki mobil atau motor menuju gerbang masuk. Gerbang masuk ini bersebelahan dengan Desa tertua di Sembalun yaitu Desa Beleq. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Desa Beleq kamu bisa melihat infonya disini.

Desa Beleq adalah desa tertua di Sembalun, berada tepat dibawah kaki Bukit Selong
Desa Beleq adalah desa tertua di Sembalun, berada tepat dibawah kaki Bukit Selong /foto: Dokumentasi pribadi

Bukit Selong

Untuk mencapai puncak bukit kamu harus melakukan perjalanan menanjak, tetapi tidak begitu lama, mungkin hanya 5 menit saja. Di atas bukit juga terdapat tempat spot foto yang sudah disediakan oleh pengelolah berbentuk bintang. Untuk bisa datang ke bukit ini wisatawan hanya dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 5000,- saja.

Sudah terdapat tangga yang bisa digunakan untuk mencapai puncak.
Sudah terdapat tangga yang bisa digunakan untuk mencapai puncak Bukit Selong /foto: Dokumentasi pribadi

Dari puncak bukit kamu akan diajak melihat pemandangan Sembalun yang sesungguhnya. Dan inilah alasan kamu bakal jatuh cinta pada Indonesia. Dari puncak bukit juga kamu akan melihat Desa Beleq dan bukit-bukit lainnya. Yuk datang ke Sembalun yang mempesona ini. Kamu pasti dibuat cengong ketika berada di Bukit Selong. Untuk melihat keindahan tempat lainnya bisa cek artikel ini. Jangan lupa untuk follow instagramnya gue di @DSenjaya89.

Dibuat cengong ketika berada di Bukit Selong.
Dibuat cengong ketika berada di Bukit Selong /foto: Dokumentasi pribadi

You might also enjoy:

6 Comments

  1. Hello, Neat post. There is an issue with your website in internet explorer, might test this?K IE nonetheless is the marketplace leader and a large component to folks will pass over your fantastic writing because of this problem.

  2. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this website. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s tough to get that “perfect balance” between usability and appearance. I must say you’ve done a amazing job with this. Additionally, the blog loads very quick for me on Chrome. Outstanding Blog!

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *