Batu Caves, pasti pernah dengar kata itu ketika kalian lagi ngomongin negri jiran. Ya benar Batu Caves adalah sebuah bukit kapur yang di sulap menjadi kuil dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Mengapa harus mengunjungi Batu Caves kalau ke Malaysia? langkah dody akan beritahu alasannya.
  • Wisata Gratis
Kalian pasti sukakan yang gratisan, gw juga suka si. Nah ini dia alasan utama kalau kalian ke Malaysia mengunjungi Batu Caves, Gratis coy. Gak ada tiket masuk. keluar dari KTM langsung terlihat pintu masuk Batu Caves. 
Salah satu kuil di Batu Caves dikelilingi batuan kapur

  • Transportasi Mudah
Mudah di tempuh dari pusat kota alasan kedua mengapa kalian wajib ke Batu Caves. Batu Caves terletak di Gombak, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia. Jadi kalau kalian di Kualalumpur naik KTM adalah transportasi paling mudah, murah dan nyaman. Kalian hanya perlu ke KL Sentral menaiki KTM dan membayar kurang lebih 2 ringgit saja untuk bisa ke stasiun Batu Caves tanpa transit langsung duduk manis turun di Stasiun Batu Caves. Nah ada yang beda ni dari KTM di Indonesia. Jika KTM di indonesia gerbong paling depan dan belakang khusu penumpang wanita, untuk KTM di Malaysia ini Gerbong tengah adalah khusus penumpang wanita. Jadi jangan salah masuk gerbong guys.
Susana di dalam KTM menuju Batu Caves

Berfoto di Stasiun Batu Caves

  • Ikonik 

Nah alasan selanjutnya adalah ikon dari Negara Malaysia selain Menara Kembar Petronas dan KL Tower tentuanya. Mengapa ikonik, karena terdapat patung Murugan tertinggi di dunia dan berwarna emas. jadi kalian bisa berfot dengan latar patung tersebut deh. Belum afdol jika ke Malaysia belum mengunjungi Batu Caves.

Anak tangga menuju kuil di Batu Caves


  • Wisata Lengkap

Di Batu Caves terdapat beberapa area wisata edukatif, kuliner  dan religius. Untuk wisata kuliner kita bisa mencicipi kuliner khas Batu Caves yang mayoritas orang india. Ada nasi briani dan chemilan khas india disana. Dan ada satu kedai ice cream yang  kalian harus coba dan selalu ramai. Untuk wisata edukatifnya terdapat taman burung (Berbayar), taman Dark Caves (Berbayar) dan taman budaya (pertunjukan sendra tari). Untuk wisata religi terdapat beberapa kuil yang terdapat di dalam Goa-goa di Batu Caves diantaranya Temple Caves, Cave Villa, dan Gua Ramayana.

Seseorang pengunjung sedang berdoa di kuil batu caves.


  • Belajar dan Berolahraga

Di Batu Caves kita bisa belajar mengetahui budaya-budaya hindu tertua, melihat orang orang berdoa di kuil dan belajar mengenai fauna dan flora yang ada di Batu Caves. Untuk olahraga kita akan menaiki ratusan anak tangga sehingga kita bisa mencapai puncak kuil dan bisa melihat area Batu Caves dari ketinggian. Ternyata di tempat ini merupakan pusat dari pengembangan panjat tebing di Malaysia selama 10 tahun terakhir. Gua Batu menawarkan lebih dari 160 jalur pemanjatan. Rute yang terdapat di seluruh sisi Gua Batu, terdiri dari pendakian perbukitan kapur setinggi 150 m. Rute ini merupakan jalur pemanjatan yang mudah diakses karena meruapakan tebing paling dasar dari permukaan tanah.

Olahraga menaiki anak tangga, olahraga ringan.


You might also enjoy:

2 Comments

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *