Langkahku ada yang sama gak penasarannya sama Gue tentang olahraga Mixed Martial Art atau biasa disebut MMA yang merupakan seni bela diri campuran. Yang membuat penasaran Gue adalah olahraga ini real atau sekedar akting? Nah beberapa waktu yang lalu Gue berkesempatan untuk menonton langsung olahraga ini . Dan akhirnya pertanyaan Gue terjawab semua, yang mana olahraga ini benar-benar nyata tapi dengan aturan yang berlaku. Seru banget pertama kali nonton olahraga ini secara langsung, bisa mendengar sorakan penonton dan pastinya rasanya menegangkan. Tahun 2016 lalu TV One sukses menayangan program olahraga ini dengan nama One Pride Mixed Martial Arts (MMA) A New Sensation. Nah kabar baiknya sekarang olahrga ini tayang di ANTV dengan  gebrakan baru dengan judul One Pride MMA. Masih penasaran sama olahraga ini? dan bagimana aturan mainnya? Yuk kita kenalan lebih dalam tentang olahraga MMA ini.

Apa Itu Olahraga MMA Yang Sekarang Tayang Di ANTV?

MMA atau seni bela diri campuran adalah gabungan dari seni bela diri tempur yang menggabungkan unsur-unsur dari berbagai gaya seni bela diri. Namun tidak terbatas pada gaya menyerang dan bergulat termasuk tinju, Muay Thai, gulat, dan Jiu-Jitsu.  Secara umum, kombinasi dari dua atau lebih gaya seni bela diri dapat dianggap sebagai seni bela diri campuran. MMA biasanya mengacu pada olahraga kontak penuh yang berkembang pesat dengan dua lawan bersaing satu sama lain. MMA mungkin menunjukkan luka, darah, memar, dan terkadang bahkan patah tulang, tetapi beberapa penelitian telah menemukan bahwa MMA umumnya lebih aman untuk atletnya daripada olahraga umum lainnya. Dalam tinju, seorang petarung bisa terjatuh tetapi masih bisa bangkit dan terus berjuang, dan sebagian besar pukulan ditujukan ke kepala. Di MMA ketika seorang petarung tidak dapat membela diri, wasit menghentikan pertarungan, dan serangan ke kepala tidak terlalu diperlukan.Di Indonesia olahraga MMA ini menjadi program tontonan yang menarik dengan nama progaram One Pride MMA. Pengagasnya adalah Otis Hahijary, David Eric Burke, dan Anindra Ardiansyah Bakrie. Dengan adanya program One Pride MMA, para pecinta serta ahli bela diri Indonesia dapat meniti karier profesional sebagai petarung seni bela diri campuran (MMA).

Aturan dalam olahraga MMA yang tayang di ANTV

Dalam One Pride MMA, aturan ketat sangat berlaku. Salah satunya adalah skill petarung yang berlaga harus sama. Ada beberapa pemeriksaan untuk mengurangi risiko berbahaya sebelum bertarung. Serunya lagi sebagai pemanasan sebelum dimulainya pertarungan, para fighter satu persatu akan melakukan Psywar atau Perang Urat Syaraf yang dipandu oleh Jim Kini. Item ini adalah bagian dari pengembangan kreatif entertainment oleh ANTV. Tujuannya untuk membakar semangat para fighter untuk memenangkan pertarungan. Nah beberapa peraturan yang tidak boleh dilanggar dalam olahraga MMA yang tayang di ANTV.

  • Mencengkram kawat pagar oktagon.
  • Memegangi celana dan sarung tangan lawan.
  • Membenturkan kepala ke kepala lawan.
  • Menggigit dan meludahi lawan.
  • Menjambak.
  • Mencengkram mulut lawan dengan tangan seperti ingin mengoyaknya.
  • Secara intens menempatkan jari pada lubang atau luka menganga dari lawan.
  • Mencongkel, mencolok atau mencolek mata lawan.
  • Menyerang pangkal paha daerah kemaluan.
  • Memuntir persendian kecil. Misalnya ruas jari.
  • Serangan sikut tajam 12-6 (Diliustrasikan dengan jarum jam. Tangan yang semula lurus atau jam 12 lalu membengkok untuk mendaratkan serangan dengan sikut tajam berbentuk layaknya jam 6 pada jam.
  • Menyerang kepala bagian belakang atau pun area keseluruhan di bagian belakang telinga termasuk leher belakang.
  • Pukulan langsung ke arah tenggorokan dan mencengkram (dikhususkan adegan mencekik dengan jari tangan) tenggorokan.
  • Mencakar, menjepit dan mencubit.
  • Menendang ke kepala saat lawan dalam posisi tidak bertumpu dengan dua kaki (posisi grounded).
  • Menyerang dengan lutut ke kepala saat lawan dalam posisi grounded. Meski keduanya dalam posisi grounded.
  • Menginjak lawan yang dalam posisi grounded.
  • Mengumpat atau menyerang secara verbal.
  • Menyerang lawan saat jeda.
  • Menyerang lawan saat dalam penguasaan wasit.
  • Menghindari pertarungan, secara konsisten melepaskan pelindung mulut atau pura-pura cidera.
  • Melanggar instruksi wasit.
  • Membanting lawan dengan mengarahkan kepala atau lehernya lebih dulu ke kanvas lantai.
  • Menyerang lawan setelah bel jeda atau bel akhir.

Nah itu tadi aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar oleh atelit yang sedang berlaga. ada yang ingin menjadi Atlet MMA? 

Mengapa harus menonton program One Pride MMA di ANTV?

ANTV telah membuat gebrakan baru dengan menambah variasi program yang lebih berwarna melalui tayangan olahraga. Program  yang sebelumnya tayang di tvOne sejak tahun 2016 ini hadir di ANTV Home of Real Fighters. Tayangannya lebih entertaining dengan penampilan musik. Seperti tayangan pisode fight night 62 (3September) yang menghadirkan Ghea Youbi. Dengan mengkombinasikan format program TV sport – entertainment,ATV telah menambahkan beberapa elemen seperti music performance yang menjadi wajah baru One Pride MMA. Program ini tayang di ANTV bertepatan dengan momentum Jeka Saragih salah satu One Pride Fighter yang sedang melakukan latihan super intensif di San Diego, Amerika Serikat. Jeka sedang mempersiapkan dirinya menjelang pertandingan semifinal Road to UFC dalam pagelaran UFC 280 mendatang. Prestasi Jeka Saragih sungguh sangat membanggakan bagi One Pride MMA, dan tentunya akan membawa nama harum bagi bangsa Indonesia. Dukung Atlet Jeka Saragih ya Langkahku.

Kesimpulan tayangan MMA

Olahraga MMA ini sangat menarik, meskipun olahraga bela diri yang ekstrim tetapi sudah ada aturan yang jelas. Semoga penayangan perdana One Pride MMA di ANTV dapat menarik minat masyarakat untuk memasyarakatkan dan mengembangkan olahraga MMA di Indonesia. Dan menambah segmentasi penonton yang semakin luas. Mayarakat bisa tertarik dengan olahraga bela diri ini dan dapat berlatih dan berlaga di kancah internasional. Sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia seperti Jeka Saragih.

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.