Hello Langkahku bagaimana kabarnya? tentu baik-baik saja kan? Suka bikin stres gak sih akhir-akhir ini jalanan dimana-mana macet banget. Apalagi jam pergi dan pulang kantor, rasanya gemes banget dan bikin naik darah. Inilah alasan Gue mulai tidak bawa kendaraan sendiri sih. Selain keburu tua dijalan, pastinya sudah gak mood buat ngerjain kerjaan kantor. Nah solusinya kalau gak naik kendaraan umum ya naik transportasi online. Selain gak bikin lelah di jalan, ya gak bikin kantong jebol juga sih.

Masalah demi masalah yang terjadi di perjalanan itu memang tidak bisa diprediksi. Mau naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum bahkan transportasi online. Selalu ada nilai tambah dan nilai kurangnya. Kalau Langkahku naik kendaraan umum nilai kurang yang didapat, misalnya ketinggalan bus/kereta, berdesak-desakan, dan tidak leluasa. Nilai tambahnya pastinya menghemat budget, lebih sehat, disiplin dan pastinya sering berinteraksi sama orang lain. Kalau Langkahku naik transportasi onlinepun ada nilai tambah dan nilai kurangnya. Nilai tambahnya nyaman, privacy terjaga, aman dan mudah. Nilai kurangnya pastinya harga lebih mahal dari kendaraan umum dan tidak bisa di klaim ke kantor karena tidak ada laporan atau tiket. Wah jadi bingung ni Langkahku mau naik kendaraan apa. Nah tenang saja Gue punya solusi buat Langkahku untuk menjawab masalah kompleks tersebut. Solusinya adalah memakai transportasi online yaitu Grab dengan memakai Profil Bisnis.

Mulai dengan Profil Bisnis #KemanapunKamuPergi

Pada hari Rabu tanggal 28 Agustus 2019 bertempat di GIOI Senopati, #Grab bersama #Kompas mengadakan acara bertajuk Ngobrol Produktif bareng Grab. Di acara ini Grab mengenalkan Grab for Business dan mengajak Blogger seperti Gue ini mulai dengan Profil Bisnis #KemanapunKamuPergi. Tujuannya agar memudahkan pengguna Grab dalam melakukan aktivitas seperti Gue yang mempunyai mobilitas tinggi.

Acara Ngobrol Produktif bareng Grab bersama Kompas.com
Acara Ngobrol Produktif bareng Grab bersama Kompas.com /foto: Dokumentasi Pribadi

Apa itu Profil Bisnis pada Grab?

Profil Bisnis pada Aplikasi Grab adalah fitur baru yang akan membantu Langkahku memisahkan perjalanan pribadi dan perjalanan bisnis. Jadi dengan mudah Langkahku bisa klaim perjalanan bisnis Langkahku tanpa takut tidak adanya laporan, atau bercampur dengan perjalanan pribadi.

Keuntungan apa yang didapat?

Nah ini adalah beberapa keuntungan yang Langkahku dapatkan jika memakai Profil Bisnis pada Grab

  • Pengaturan pengeluaran lebih mudah (Dengan email kantor Langkahku yang tertaut ke Profil Bisnis, Langkahku akan mendapatkan tanda terima perjalanan dan laporan bulanan perjalanan bisnis langsung di email kantor).
  • Hemat waktu dalam pelaporan pengeluaran (Hubungkan Grab dengan Concur atau ChromeRiver untuk secara otomatis melaporkan pengeluaran perjalanan bisnis Langkahku).
  • Ganti Profil secara cepat (Alihkan perjalanan bisnis Langkahku dengan cara mengganti Profil Pribadi menjadi Profil Bisnis hanya dengan beberapa langkah)
  • Mendapatkan poin dari setiap perjalanan bisnis Langkahku (Langkahku akan terus mendapatkan poin GrabRewards untuk setiap perjalanan yang dilakukan. Dan gunakan poin GrabRewards untuk berbagai manfaat)
  • Mendapatkan akses ke Portal Bisnis Grab for Business (Langkahku dapat mengakses dan mengunduh tanda terima perjalanan bisnis dan laporan bulanan perjalanan bisnis secara online. Cukup dengan mengakses Portal Bisnis Grab for Business dengan memasukkan email kantornya.

Bagaimana cara memakainya?

Nah untuk menggunakan fitur ini Langkahku harus punya dahulu aplikasi Grab di ponsel. Yang belum punya aplikasinya bisa unduh di sini untuk Android dan di sini untuk IOS. Setelah sudah punya aplikasi Grab dan sudah terdaftar bisa langsung buat Profil Bisnis Grab. Pertama Langkahku buka menu profil Grab. Kemudian pilih ‘Tambahkan Profil Bisnis’ di bawah Profil Langkahku. Lalu ikuti petunjuk untuk menyiapkan Profil Bisnis. Nah kalau sudah siap tinggal tekan tombol ‘Pesan’ perjalanan bisnis.

Cara mendaftarakan Profil Bisnis pada aplikasi Grab.
Cara mendaftarakan Profil Bisnis pada aplikasi Grab /foto : Website Grab

Nah Langkahku juga bisa menyesuaikan Profil Bisnis seperti yang Langkahku inginkan. Seperti ganti nama Profil dan ubah ke nama apapun yang diinginkan. Bisa juga menghubungkan ke akun Concur atau ChromeRiver untuk secara otomatis melaporkan pengeluaran perjalanan bisnis. Dan ini yang paling penting, Langkahku bisa mengatur frekuensi pelaporan perjalanan bisnis menjadi ‘Bulanan’ sehingga bisa mendapatkannya secara langsung ke email kantor setiap bulan.

Olivia Yoviani selaku Partnership Grab for Business sedang menjelaskan pemakaian Profil Bisnis pada aplikasi Grab.
Olivia Yoviani selaku Partnership Grab for Business sedang menjelaskan pemakaian Profil Bisnis pada aplikasi Grab /foto: Dokumentasi Pribadi

Mau tahu rumus promo tiap hari tiap minggu tiap bulan Pakai Profil Bisnis?

Yang seperti Langkahku tahu bahwa dengan memakai Tag bisnis pada aplikasi Grab, Langkahku akan mendapatkan banyak keuntungan. Jadi dengan memakai Profil Bisnis Langkahku bisa nikmati terus bonusnya. Bonusnya itu berupa Promo Mingguan dan Promo Season.

Promo Mingguan

Untuk promo mingguan, Langkahku bisa mendapatkan potongan harga jika menggunakan Tag Bisnis setiap minggunya. Setiap pengguna Tag Bisnis akan mendapatkan promo potongan harga sesuai dengan kategori yang telah ditentukan. Potongan perjalanan akan diberikan dalam bentuk promo potongan harga yang terdapat di Widget pada aplikasi Grab setiap hari Rabu. Dan jumlah akumulasi perjalanan bisnis akan terhitung dari hari Senin sampai Minggu. Untuk syarat ketentuannya sebagai berikut,

  • Naik Grab 2-4 kali pakai tag bisnis dapat voucher promo Rp 30K tiap minggu. Berlaku untuk 2 kali perjalanan maksimal potongan Rp 15K. Gunakan kode promo pada kolom promo di aplikasi Grab ‘UNTUNGAJA’
  • Naik Grab 5-6 kali pakai tag bisnis dapat voucher promo Rp 60K tiap minggu. Berlaku untuk 4 kali perjalanan maksimal potongan Rp15K. Gunakan kode promo pada kolom promo di aplikasi Grab ‘UNTUNGLUMAYAN’
  • Naik Grab lebih dari 7 kali pakai tag bisnis dapat voucher promo Rp 90K tiap minggu. Berlaku untuk 6 kali perjalanan maksimal potongan Rp 15K. Gunakan kode promo di aplikasi Grab ‘UNTUNGBANGET’

Promo ini berlaku untuk layanan GrabBike, GrabCar, GrabCar Plus, GrabCar 6 dan GrabExpress. Promo dikirimkan via email yang terdaftar pada Profil Bisnis Langkahku setiap hari rabu. Hanya berlaku untuk perjalanan menggunakan Tag Bisnis. Frekuensi perjalnan dihitung dari hari Minggu ke Sabtu berlaku di seluruh Indonesia. Promo ini hanya sampai tanggal 30 September 2019. Jadi sudah siapkan buat pindah ke Profil Bisnis?

Promo Season

Tidak hanya promo mingguan, Langkahku juga bisa ikut promo season dengan menggunakan Profil Bisnis. Untuk Promo Season ini diberi nama Grab Amazing Race. Jadi Langkahku bisa ikutan #GrabAmazingRace dengan cara meningkatkan pengunaan Tag Bisnis sampai akhir periode. Sepuluh pengguna terbanyak akan mendapatkan hadiah Samsung Galaxy Watch Active. Program ini berlaku mulai dari 15 Juli – 30 September 2019. Nah Langkahku yang teratrik dengan Promo Season ini bisa langsung buat akun, dan pakai tag bisnis sebanyak-banyaknya ya. Banyak untungnya kan? Makanya Mulai dengan Profil Bisnis #KemanapunKamuPergi

Tampilan Profil Bisnis pada ponsel untuk mendapatkan promo tiap hari tiap minggu tiap bulan.
Tampilan Profil Bisnis pada ponsel untuk mendapatkan promo tiap hari tiap minggu tiap bulan /foto: Dokumentasi Pribadi

Pengalaman memakai GRAB dengan Profil Bisnis

Setelah mengikuti acara kolaborasi #Gfbxkompas Ngobrol Produktif bareng Grab kemarin akhirnya Gue mencoba Tag Bisnis. Karena Gue pengguna setia Grab sejak dahulu, jadi ini mudah banget bagi Gue untuk mencobanya. Dengan mulai mendaftarkan Profil Bisnis di aplikasi Grab Gue. Dan ternyata benar-benar terbukti loh Langkahku. Perjalanan Gue selama satu minggu ini benar-benar menghemat kantong. Dan yang paling penting Gue ikut berkontribusi dalam digitalisasi Indonesia. Uang bisa di klaim ke kantor dan Gue sudah mulai membedakan perjalanan bisnis Gue dan perjalanan Pribadi Gue. Nah sekarang giliran Langkahku ya.

Sesi tanya jawab tentang penggunaan Profil Bisnis bersama Nara Sumber.
Sesi tanya jawab tentang penggunaan Profil Bisnis bersama Nara Sumber /foto: Dokumentasi Pribadi

Mengenal #GrabforBusiness

Tahu gak Langkahku kalau sekarang tampilan aplikasi Grab pertama kali itu berbeda dengan tampilan aplikasi yang sekarang? Sekarang fitur lebih lengkap seperti adanya GrabCar, GrabBike, GrabFood, GrabExpress, Paket berlangganan, Hotel, Tiket, Utilitas, dan masih banyak lagi. Ini karena Grab bukan hanya transportasi melainkan telah bertransformasi menjadi Everyday Super App. Grab sekarang hadir untuk melayani setiap orang di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Grab sekarang telah menjadi aplikasi nomor 1 yang banyak diunduh sampai 144 Juta orang. Aplikasi Grab juga ada di 8 negara dan 336 kota. Dan yang paling penting adalah Grab telah memberikan dampak positif ekonomi Indonesia. Dan secara tidak langsung Grab telah mendorong setiap orang untuk maju termasuk perusahaan. Maka dari itu dihadirkanlah Grab for Business.

#GrabforBusiness adalah solusi transportasi bisnis yang membantu perusahaan mengelola anggaran transportasi dan melacak perjalanan bisnis karyawan lebih baik. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola karyawannya, melacak biaya transportasi, mengelola kebijakan perjalanan, dan opsi penagihan. Keuntungan menggunakan Grab untuk Bisnis adalah mendigitalkan operasi perusahaan, Mengaktifkan Efisiensi Biaya, Mengelola karyawan, menetapkan kebijakan, dan mengunduh laporan – semuanya di satu tempat, Kontrol, lacak, dan pantau penggunaan layanan Grab untuk bisnis dengan mudah.

Grab for Businnes mempunyai banyak produk salah satunya Profil Bisnis. Jadi apakah Langkahku sudah siap ikut berkontribusi untuk digitalisasi Indonesia. Apakah Langkahku siap untung tiap hari tiap minggu tiap bulan. Apakah Langkahku siap untuk menjadikan hidup lebih mudah, nyaman dan efisien. Yuk Mulai dengan Profil Bisnis #KemanapunKamuPergi pada Aplikasi Grab sekarang juga. Untuk melihat perjalanan Gue bisa cek blog Gue di Langkahdody.com.

Shanti Iriani selaku Corporate Culture Partner Grab Indonesia menjelaskan tentang Grab for Business.
Shanti Iriani selaku Corporate Culture Partner Grab Indonesia menjelaskan tentang Grab for Business /foto: Dokumentasi Pribadi

You might also enjoy:

2 Comments

  1. Those are yours alright! . We at least need to get these people stealing images to start blogging! They probably just did a image search and grabbed them. They look good though!

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *