Ketika Langkahku mendengar Bali pasti dipikiran Langkahku adalah surganya Para Wisatawan. Adat istiadat yang masih kental dengan budaya yang masih terjaga. Pantai yang indah, gunung yang menakjubkan, keindahan bawah laut yang mengagumkan, dan yang pasti kearifan lokal yang tak ternilai harganya. Tempat wisata di Bali pun terkenal sampai manca negara bahkan sempat dijadikan lokasi shooting film Holiwood. Ternyata ada wisata di Bali tapi bukan Di Pulau Bali melainkan di sekitaran Pulau Dewata. Pulau ini bernama Nusa Ceningan, Nusa Lembongan dan Nusa Penida.

Adapun wisata religi antara lain Pura Tanah Lot di Tepi Laut, Pura Ulundanu di Tepi Danau, Pura Taman Ayun di Atas Kolam dan masih banyak lagi pura-pura di Bali. Maka tak heran Bali dijuluki pulau seribu pura. Untuk pantainya yang terkenal antara lain Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Pandawa, Pantai Dreamland dan masih banyak lagi. Kalau untuk wisata gunung dan perbukitan di Bali pun ada seperti Gunung Agung, Gunung Batur, Ubud, Kintamani, dan sebagainya. Tetapi masih ada wisata- wisata lain di Bali yang wajib Kita datangi, apakah itu? Nusa Penida

Pantai Sanur merupakan tempat penyebrangan yang paling dekat untuk menuju Nusa Penida.
Pantai Sanur merupakan tempat penyebrangan yang paling dekat untuk menuju Nusa Penida /foto: Dokumentasi Pribadi

Mengenal Nusa Penida

Baru-baru ini Gue mencoba mengunjungi Nusa Penida tanpa memakai jasa open trip alias solo trip. Sebelumnya Gue mau menjelaskan dahulu dimana itu Nusa Penida dan destinasi apa saja yang ada di sini. Nusa Penida adalah sebuah pulau yang berada di bagian tenggara Pulau Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Selain Nusa Penida terdapat dua pulau kecil yang gak kalah indah yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Tetapi di artikel kali ini Gue hanya membahas Nusa Penida.

Di Nusa Penida banyak sekali yang bisa Langkahku kunjungi seperti Pantai Cristal Bay, Pantai Klingking, Angel Billabong, Pantai Broken, Pantai Atuh, Pantai Penida. Ada juga Bukit Teletubis Penida, Rumah Pohon dan masih banyak tempat tersembunyi di Nusa Penida ini. Untuk mencapai tempat-tempat wisata tersebut Kita bisa mengendarai motor atau bisa mendaftar di agen wisata nusa penida menggunakan mobil. Di Pulau ini tidak ada kendaran bus, angkot atau kendaraan umum lainnya ya.

Pengalaman one day trip Ke Nusa Penida

Di artikel ini Gue akan menceritakan pengalaman sehari solo trip ke Nusa Penida dengan murah dan tentunya menyenangkan. Tetapi Gue sarankan untuk pergi berdua agar bisa bergantian membawa kendaraannya dan ada yang fotoin, tetep eksis. Kalau kalian ingin one day trip di Nusa Penida diusahakan pergi harus pagi hari, karena perahu akan berlayar pukul 08.00 WITA. Ketika sampai di Bandara Ngurah Rai kalian bisa langsung menuju Pantai Sanur. Kalian bisa menggunakan Ojek Online, untuk tarifnya kurang lebih Rp 39.000,- untuk Motor dan Rp 60.000,- untuk mobil.

Ketika sampai Pantai Sanur Kalian bisa berjalan kaki ke bibir pantai dan kalian akan disambut oleh agen perjalanan menju Nusa Penida. Ini dia keahlian tawar-menawar kalian diperlukan. Untuk tarif sekali penyebrangan ke Nusa Penida dari Pantai Sanur mulai dari Rp 75.000,- s/d Rp 150.000,-. Sebagai informasi bahwa ada beberapa dermaga di Nusa Penida yaitu Dermaga Toya Pakeh, Buyuk, Maruti, Banjar Nyuh, dan Pelabuhan Sampalan (untuk kapal tradisional). Gue sendiri menyarankan untuk menaiki Boat Caspala (ukurannya sedikit lebih kecil dan berhenti di pelabuhan Buyuk). Atau bisa menggunakan Boat El Rey Junior (Ukurannya lebih besar dan berhenti di pelabuhan Banjar Nyuh) tarifnya yaitu Rp 75.000,- dengan jarak tempuh 30 menit saja.

Boat El Rey Junior rekomendasi Gue untuk pergi Ke Nusa Penida.
Boat El Rey Junior rekomendasi Gue untuk pergi Ke Nusa Penida /foto: Dokumentasi Pribadi

Sampai Di Dermaga Buyuk

Sesampainya di Nusa Penida kalian juga akan disambut oleh penduduk setempat yang menawarkan motor untuk disewa, tarifnya juga cukup beragam dan keahlian tawar-menawar kalian diperlukan kembali. Untuk tarifnya mulai dari Rp 60.000,- sd Rp 150.000,- tidak dengan bahan bakar. Sebelum menyewa periksa kondisi motor ya guys, seperti, rem, gas, ban, dan ada jas hujan atau tidak, dan helmet jika diperlukan. Mintalah nomor telepon yang punya motor, untuk memudahkan kalian kalau terjadi sesuatu. Selain itu kartu identitas kalian akan di tahan dahulu sebagai jaminan penyewaan motor. Karena Gw naik boat caspala dan turun di pelabuhan buwuk jadi gw sewa motor di buwuk dengan tarif Rp 60.000,- dan yang punya motornya bernama Pak Made kalau ada yang ingin tahu bisa tulis dikolom komen ya. Akan gue beri kontaknya.

Mengunjungi Cristyal Bay

Pukul 09.00 WITA Gue memlulai perjalanan dan mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar, Pengisian penuh sekitar Rp 25.000,- saja. Rute yang Gue ambil adalah rute ke arah barat, Sesudah mengisi bensin Gue mampir ke salah satu warung makan dan membeli sarapan seharga Rp 20.000,-. Selesai sarapan Gue lanjutkan lagi perjalanan Gue ke destinasi yang pertama yaitu Cristal Bay. Sebagai informasi jalan di Nusa Penida ini ada yang sudah beraspal dan ada juga yang berbatu dan masih tanah. Untuk kontur tanahnya ada yang mendatar dan kadang-kadang kita menemukan jalan yang naik-turun.

Setengah jam berkendara akhirnya Gue sampai di Crisytal Bay. Sebenarnya tarif masuk pantai ini adalah Rp 5.000,- tapi berhubung Gue datang kepagian loket belum buka jadi Gw masuk gratis. Di Pantai ini Langkahku bisa snorkling, berenang, bermain pasir pantai, memancing dan tidak ketinggalan berswafoto. Ini adalah spot terbaik untuk snorkling loh, untuk menyewa alat snorkling dan fin hanya Rp 25.000,-. Di Pantai ini tersedia fasilitas parkir, toilet, warung makan dan warung sovenir. Langkahku bisa melihat karang besar di dekat pantai. Langkahku bisa menikmati deburan ombak yang tenang, angin sepoy-sepoy sambil minum es kelapa muda seger banget.

Crystal Bay merupakan pantai yang cocok untuk snorkling dan melihat sunset
Crystal Bay merupakan pantai yang cocok untuk snorkling dan melihat sunset /foto: Dokumentasi Pribadi

Klingking Beach yang ikonik

Setelah selesai bermain di Crystal Bay Gue melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yaitu Kelingking Beach. Perjalanan dari Crystal Bay ke Kelingking Beach ditempuh dalam waktu 40 Menit. Kelingking Beach adalah ikonnya Nusa Penida, kata orang kalau belum Ke Kelingking Beach berarti Langkahku belum ke Nusa Penida. Di sini Langkahku bisa melihat bukit karang yang ikonik dari atas tebing mirip dengan jari kelingking. Langkahku juga bisa turun ke bawah menggunakan tangga yang lumayan curam. Ketika sampai di bawah Langkahku bisa bermain pasir putih yang lembut dan putih. Bisa bermain air juga tetapi tetap hati-hati karena ombaknya lumayan besar.

Karena Gue hanya one day trip disartankan untuk tidak turun ke bawah karena waktu tempuh ke bawah kurang lebih 30 sampai 1 jam. Jadi Gue hanya melihat ke indahannya dari atas saja ya. Di sini Gue menyempatkan makan siang. Warung makan di sini terletak di tebing yang pemandangannya langsung menuju laut. Bakalan betah berlama-lama di sini tapi harus ingat waktu juga ya Langkahku. Untuk tiket masuk perorang adalahRp 5.000,-. Hari makin siang saatnya Gue ke destinasi selanjutnya

Kelingking Beach dari atas tebing yang merupakan ikon dari Nusa Penida.
Kelingking Beach dari atas tebing yang merupakan ikon dari Nusa Penida /foto: Dokumentasi Pribadi

Mengunjungi Angel Billabong dan Broken Beach

Destinasi selanjutnya adalah Angel Billabong dan Broken Beach. Dua tempat ini lokasinya bersebelahan. Angel Billabong adalah sebuah karang bolong dimana Kita bisa melihat lubang besar yang terisi air menghadap laut lepas. Ada peringatan Langkahku tidak boleh berenang dan turun ke bawah. Dikarenakan berbahaya karena ombak besar bisa menyapu siapa saja yang berada di kolam karang tersebut. Walaupun diberikan papan peringatan tetapi masih banyak saja orang bandel yang kesini untuk berenang. Di angel Billabong Langkahku bisa melihat laut lepa. Dan melihat karang-karang yang begitu kokoh. Di sini juga tersedia warung makan, toilet, dan parkir yang luas. Destinasi selanjutnya adalah Broken Beach yang tempatnya tepat berada di sebelah Angel Billabong. Broken Beach adalah sebuah karang berbentuk benteng tetapi bolong terkikis oleh air laut. Untuk ke Broken Beach dari Angel Billabong, Langkahku harus tracking sekitar 10-15 menit. Untuk harga tiket masuk dihitung perkendaraan sebesar Rp 5.000,-

Angel Billabong salah satu tempat wajib untuk dikunjungi karena bisa melihat kokohnya batu karang dan luasnya Samudera Hindia
Angel Billabong salah satu tempat wajib untuk dikunjungi karena bisa melihat kokohnya batu karang dan luasnya Samudera Hindia /foto: Dokumentasi Pribadi

Karena waktu sudah menunjukan pukul 14.00 WITA saatnya Gue kembali ke pelabuhan. Waktu tempuh dari Angel Billabong ke Pelabuhan Buwuk adalah 1 jam 10 menit. Speedboat terakhir dari pelabuhan Buwuk adalah pukul 16.00 WITA kalau kalian ingin berlama-lama lagi bisa menaiki speedboat dari Pelabuhan Banjar Nyuh pukul 17.00 WITA. Sesampainya di pelabuhan Gue langsung kontak Pak Made dan langsung mengembalikan motor dan mengambil KTP. Setelah itu Langkahku bisa membeli tiket ke Pantai Sanur seharga Rp 75.000,-. Tepat pukul 16.00 WITA Boat Caspala berangkat meninggalkan dermaga. Setengah jam berlalu Boat Caspala sampai di Pantai Sanur. Perjalanan one day trip Gue Ke Nusa Penida berakhir.

Tips Perjalanan Ke Nusa Penida

  • Datanglah pagi-pagi ke Pantai Sanur agar tepat waktu menaiki boat. Pantai Sanur adalah pantai terbaik melihat sunrise di Bali, jadi datang lebih pagi untuk melihat sunrise.
  • Pakai pakaian yang pas dan alas kaki yang nyaman agar saat berkendara dan tracking badan kalian leluasa bergerak. Jangan pakai sendal Jepit.
  • Bawalah kantong plastik atau minum obat anti mabok Untuk Langkahku yang mabok laut bisa berjaga-jaga.
  • Yang paling penting adalah manajemen waktu Langkahku perhitungkan seoptimal mungkin apabila kalian solo travel dan tidak menginap di Nusa Penida.

Langkahku kapan-kapan Kita travelling bareng yuk, Kita coba menginap di Nusa Penida. Untuk tarif perkamar di Nusa Penida itu dengan fasilitas kipas angin hanya Rp 150.000/malam dan untuk kamar ber AC hanya Rp 250.000,- bisa share cost. Kita juga bisa sekalian explore Nusa Penida bagian timur dan selatan. Jadi bisa mengunjungi pantai Atuh, Pulau Seribu, Rumah Pohon dan Bukit Teletubis. Sekian perjalanan Gue ke Nusa Penida apabila ada pertanyaan bisa komen di kolom komentar ya. Jangan lupa juga buat follow instagram Gue di @DSenjaya89 untuk info lebih lanjut tentang Langkah Gue selanjutnya. Sampai jumpa diperjalanan Gue selanjutnya. Untuk perjalanan ke Nusa Penida Part 2 akan Gue share di artikel ini.

Pelabuhan Toyah pakeh adalah salah satu opsi untuk menuju ke sanur atau sebaliknya.
Pelabuhan Toyah pakeh adalah salah satu opsi untuk menuju ke sanur atau sebaliknya /foto: Dokumentasi Pribadi

Total Pengeluaran

NoPengeluaranBiaya
1 Speedboat Caspala Pulang Pergi Rp 150.000,-
2 Sewa Motor Rp 60.000,-
3 Bensin Rp 25.000,-
4 Sarapan Rp 25.000,-
5 Minum Es Kelapa Rp 10.000,-
6 Makan Siang Rp 35.000,-
7 Masuk Lokasi Wisata Rp 15.000,-
8 Total Pengeluaran ke Nusa Penida Rp 310.000,-

You might also enjoy:

3 Comments

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *