Sea World Ancol yang berada di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat rekreasi dan juga edukasi. Bagaimana tidak? pasalnya Sea World Ancol merupakan akuarium terbesar di Indonesia dan mempunyai koleksi hewan laut terbanyak dan beraneka ragam. Berlokasi di Jakarta Utara, Sea World Ancol selalu menyiapkan inovasi agar para wisatawan selalu berkunjung dan membawa pengalamannya tanpa harus menyelam ke dasar laut.

Ada Apa Saja di Sea World Ancol?

Tempat rekreasi ini tidak hanya menyimpan koleksi ikan laut saja, bahkan menyimpan koleksi ikan air tawar dan hewan laut lainnya seperti kura-kura, penyu, ubur-ubur dan masih banyak lagi. Akuariumnya pun didesain dengan epik, mulai dari yang bentuknya bundar, kotak, berbentuk trowongan bahkan ada mobil disulap menjadi akuarium. Ada juga kolam touch dimana kita bisa mencoba memegang hewan laut yang pastinya ada aturannya dan penjagaan khusus. Tidak asal pegang atau gegam hewan saja. Kita juga bisa melihat atraksi memberi makan hewan laut yang berada di kolam utama bersama kakak-kakak penyelam profesional.

Atraksi pemberian makan hewan laut di Sea World Ancol Jakarta.
Atraksi pemberian makan hewan laut di Sea World Ancol Jakarta /foto: Dokumentasi Pribadi

Yang menjadi pusat perhatian Gue adalah kolam piranha yang mana kita ketahui bahwa ikan piranha adalah ikan yang mempunyai gigi yang bisa mencabik-cabik daging. Padahal ketika kita melihat ikan piranha aslinya tidak sebesar difilm, tetapi memang selalu bergerombol. Akuariumnya berada tepat di tengah ruangan utama dan tertutup rapat. Jadi tidak usah takut untuk mendekat ke akurium , karena bakalan merasa sefti banget deh dan seru banget Langkahku? Nah ternyata tidak hanya akuarium piranha yang bakal bikin dag dig dug jantung Langkahku. Karena ada wahana baru di Sea World Ancol yang terbaru diberi nama Feeding Show Shark.

Akuarium Hiu yang menjadi lokasi pertunjukan Feeding Show Shark.
Akuarium Hiu yang menjadi lokasi pertunjukan Feeding Show Shark /foto: Dokumentasi Pribadi

Wahana Baru Di Sea World Ancol Jakarta

Apa itu Feeding Show Shark?

Feeding Show Shark adalah Atraksi pemberian makan hiu secara langsung tanpa di batasi oleh kerangkeng besi. Terdapat dua orang penyelam profesional yang berada di dalam akuarium. Yang terdiri dari satu penyelam yang bertugas memberikan makan dan satu penyelam lainnya merupakan penyelam rescue. Penyelam rescue ini bertugas untuk menjaga dan menanggulangi kejadian yang tidak diinginkan jika terjadi serangan dari ikan hiu yang berbahaya. Dua penyelam ini dibekali dengan kostum khusus yang diberi nama shark suit. Shark Suite ini terbuat dari baja kuat yang berbentuk ring saling menyatu membentuk kostum penyelam. Feeding Show Shark ini merupakan pertunjukan pertama di Indonesia bahkan di Dunia.

Face to Face: Live Feeding Shark di Sea World Ancol merupakan yang pertama di Indonesia bahkan di Dunia.
Face to Face: Live Feeding Shark di Sea World Ancol merupakan yang pertama di Indonesia bahkan di Dunia /foto: Dokumentasi Pribadi

Pembukaan Feeding Show Shark Di Sea World Ancol

Pada hari rabu 2 Oktober 2019, Gue berkesempatan untuk menghadiri grand launching Face to Face: Live Feeding Shark ini. Acara ini dibuka oleh Bapak Riko Sudranto selaku Vice President Seaworld Ancol. Bapak Riko mengatakan bahwa tujuan diadakannya atraksi ini adalah ingin memberi pelajaran ke masyarakat bahwa tidak semua hiu agresif dan berbahaya. Karena faktanya, terdapat sekitar 500 jenis hiu di dunia dan tercatat yang ganas hanya ada 32 jenis saja Langkahku. Jadi mulai sekarang buang-buang jauh anggapan bahwa hiu yang ganas karena kalau kita menyayangi hiu otomatis hiu akan sayang kepada kita. Ironisnya lagi, selama ini hiu dianggap memangsa manusia. Padahal, jika dilihat perbandingannya justru hiu ini yang lebih banyak dibunuh manusia untuk diambil siripnya.

Kalau sekarang ini kan kita bicara hiu dan manusia. Siapa yang diserang paling banyak. hiu atau manusia? Ternyata kan hiu yang diserang manusia. Hampir lebih dari 100 juta ekor setiap tahunnya hiu dibantai oleh manusia. Jadi, jangan kita makan sirip hiu.

Riko Sudranto ,Vice President Seaworld Ancol
Bapak Riko Sudranto selaku Vice President Sea world Ancol  membuka acara  grand launching Face to Face: Live Feeding Shark.
Bapak Riko Sudranto selaku Vice President Seaworld Ancol membuka acara grand launching Face to Face: Live Feeding Shark /foto: Dokumentasi Pribadi

Berbagi pengalaman Penyelam Profesional di acara Face to Face: Live Feeding Shark

Setelah pak Riko membuka acara ini dan memberi sambutan barulah kami melihat pertujukan dengan rasa dag dig dug. Suara sirine di bunyikan, lampu dipadamkan dan salah seorang penyelam mulai turun ke akuarium. dengan membawa ember makanan dan tongkat. Penyelam tersebut menusukan ikan segar ke tongkat dan menggoda para hiu yang siap melahap ikan segar tersebut. Terdapat beberapa hiu yang siap memangsa makanan tersebut dan ternyata hiu lainnya sedang tidur. Setiap menit per menitnya kami tegang melihat atraksi tersebut. Tapi karena yang menyelam adalah selevel instruktur dan ada rescue perasan itu sedikit tenang. Sejatinya hiu lebih banyak beraktifitas pada malam hari, jadi selama 20 menit kita tidak melihat adegan membahayakan. Setelah 20 menitan berada di dalam air akhirnya usai sudah pertunjukan dan penyelam tersebut naik ke daratan.

Nah waktunya sesi berbagi dimana para penyelam tadi ditanyakan oleh awak media. Perasaan para penyelam tersebut ternyata sama seperti kita yang nonton loh “Takut”. Alasannya karena ini adalah pertama kali dan masih merasa tegang. Tetapi karena mereka berdua percaya dan sudah menjadi pekerjaannya jadi dibawa santai. Ternyata dipertunjukan tadi penyelam tersebut terkena gigitan hiu di jarinya selagi memberi makan. Penyelam mengakui dan menunjukan bukti gigigtannya. Tidak berdarah hanya memar seperti terjepit pintu. Ini dikarenakan kostum shark suite yang begitu kuat jadi hanya memar saja. Nah buat kalian yang ingin melihat pertunjukan ini mulai sekarang pertunjukan bisa dilihat oleh umum. Dengan datang ke Sea World AQncol tepatnya di Shark Aquarium pada pukul 14.00WIB sampai 15.00 WIB. Jadi Langkahku bisa merasakan ketegangan yang Gue rasakan juga. Berasa naik baling-baling di Dufan loh. Mau tau gak Langkahku wahana baru di Dufan yang bikin dag dig dug juga bisa cek di sini.

Dua orang penyelam profesional membagikan ceritanya pertama kali ketika selesai memberi makan hiu secara langsung.
Dua orang penyelam profesional membagikan ceritanya pertama kali ketika selesai memberi makan hiu secara langsung /foto: Dokumentasi Pribadi

Cara menuju Sea World Ancol?

Untuk menuju Sea World Ancol yang pasti Langkahku harus ke Taman Impian Jaya Ancol terlebih dahulu. Karena Sea World Ancol berada di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Sea World Ancol beralamat di Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430. Untuk tiket masuk Ancol pengunjung dikenakan tarif mulai dari Rp 25.000,-/orang dan untuk tiket masuk Sea World Ancol dikenakan tarif masuk mulai dari Rp 135.000,-/orang. Untuk jam operasional Sea World Ancol buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 18.00 WIB. Jangan lupa untuk follow instagramnya Sea World Ancol di @seaworld.ancol untuk mengetahui info promo dan acara yang sedang berlangsung. Sampai bertemu di artikel selanjutnya ya Langkahku.

You might also enjoy:

5 Comments

  1. Thanks so much for giving everyone an extremely pleasant possiblity to read from this blog. It really is so beneficial and as well , jam-packed with amusement for me and my office mates to search your blog the equivalent of thrice weekly to study the latest stuff you have got. And indeed, I’m also actually motivated considering the eye-popping tips served by you. Some two points on this page are completely the best we’ve ever had.

  2. I have not checked in here for a while because I thought it was getting boring, but the last few posts are great quality so I guess I’ll add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend 🙂

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *