Kamis, 30 Agustus 2018 bertempat di Libris Cafe Jakarta Selatan, Gue diundang untuk mengikuti press conference tentang conservacation ADES. Dalam hati Gue “Waduh berasa artis nih, pakai acara press conference, btw mau ngapain ya di sana?” Jadi begini Langkahku, beberapa hari sebelumnya Gue dinobatkan sebagai salah satu dari dua puluh orang yang menjadi Sobat Air Ades. Nah bagaimana ceritanya?

ADES, sebagai merek air minum dalam kemasan, yang merupakan bagian dari PT Coca-Cola Indonesia konsisten dengan nilai utama. Merek minuman ini memberikan air minum murni sekaligus berkomitmen pada bisnis yang berkelanjutan yang berorientasi pada lingkungan. Dari komitmen itulah ADES mengadakan kampanye dengan mengajak generasi muda dari yang memiliki visi yang sama. Yaitu memiliki semangat mencintai alam Indonesia dan ingin berkontribusi pada konservasi air. Tujuannya untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia melalui program Sobat Air Ades yang disebut conservacation.

Apa itu Conservacation ADES dan Sobat Air ADES?

Conservacation adalah kegiatan aksi lingkungan Sobat Air bersama Pejuang Air ADES. Bertujuan untuk konservasi yang berkelanjutan dan dipadukan dengan menikmati alam Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur atau Yogyakarta. Jadi Conservacation ini adalah paduan dari kata Conservation dan Vacation. Sedangkan Sobat Air ADES adalah program yang dibentuk oleh ADES untuk meningkatkan kepedulian dengan melakukan aksi nyata. Program ini dilaksanakan oleh generasi muda terhadap pentingnya sumber daya alam khususnya air yang berguna nantinya terhadap masyarakat. Nah dari kampanye tersebutlah Gue tertarik dengan program ini dan mengikuti kompetisi yang diadakan oleh ADES.

Bagaimana Gue bisa terpilih menjadi Sobat Air ADES?

Gue bisa terpilih menjadi Sobat air ADES karena mengikuti prosaes seleksi yang terdiri dari tiga tahapan. Dimana tahapan pertama dengan mengirimkan foto aksi yang pernah dilakukan dan menceritakannya melalui media instagram. Dari 485 pengirim, Gue salah-satu yang terpilih dari 60 orang yang lolos. Di tahapan ke dua, 60 orang yang lolos diberikan tantangan membuat video tentang air. Dimana video tersebut menerangakan alasan kenapa ADES harus memilih ke-20 orang dari 60 pengirim untuk menjadi Sobat Air ADES. Setelah itu Calon Sobat Air ADES ditelepon untuk diwawancarai kesiapannya dan motivasinya mengikuti program conservacation ini. Dan Alhamdullilah Gue terpilih menjadi salah-satu dari 20 Sobat Air ADES. Dari 20 Sobat Air ADES ini dibagi menjadi dua destinasi. Dimana 10 orang pergi ke Nusa Tenggara Timur dan 10 orang lagi pergi ke Yogyakarta. Gue termasuk 10 orang yang pergi ke destinasi Nusa Tenggara Timur.

Press Conference Conservacation ADES

Pada press conference kemarin dihadirkan 5 perwakilan Sobat Air ADES dan Perwakilan dari PT Coca-Cola Indonesia. Kelima Sobat Air ADES ini adalah Teddy dan Alfit yang mewakili destinasi Yogyakarta. Sedangkan Evrina, Karan dan Gue mewakili destinasi Nusa Tenggara Timur. Dihadirkan juga Perwakilan dari ADES, PT Coca-Cola Indonesia dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara.

Mas Mohamad Rezki Yunus selaku Marketing Manager Hydration, Coca-Cola Indonesia menjelaskan ke media tentang program conservacation ADES. Proses pemilihan Sobat Air ADES sampai terpilihnya ke 20 orang ini. Mas Rezki sangat terkejut karena antusias yang tinggi pada program ini. Ini dilihat dari submition peserta yang diluar target. Bapak Andrew Hallatu sebagai Public Affairs and Community Manager, Coca-Cola Indonesia menjelaskan tentang kegiatan apa saja yang terhadap terhadap lingkungan. Ada Program Water Replenishment Coca-Cola yang setidaknya telah mengembalikan lebih dari 1 miliyar air ke alam dan masyarakat. Bapak Jaka Setia selaku Communications Manager perwakilan Yayasan Konservasi Alam Nusantara. Beliau menerangkan apa itu Yayasan Konservasi Alam Nusantara, apa yang pernah dilakukan organisasi tersebut. Dan hal apa saja yang dilakukan yayasan tersebut untuk membantu Pejuang dan Sobat Air ADES nantinya.

Setelah 3 Nara Sumber memberikan sambutan, barulah Kami ke-5 perwakilan Sobat Air ADES naik ke atas panggung. Kami memperkenalkan diri masing-masing, menjelaskan antusias kami mengikuti program ini, dan apa yang bisa diberikan setelah melakukan conservacation ini. Gue dan yang lainnya bergantian menjawab pertanyaan dari awak media. Setelah selesai Kami semua yang hadir dipersilahkan untuk makan siang bersama. Setelah itu Kami mengikuti sesi foto dan wawancara kepada media yang masih ingin menggali informasi dari Sobat Air ADES.

Kesimpulan

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan menjadi pelopor kegiatan yang akan ada selanjutnya. Doakan Kami ke-20 Sobat Air ADES dalam membantu saudara kita yang kurang beruntung. Untuk informasi detail programnya bisa cek instagramnya ADES di @ADES_Indonesia. Dan untuk kegiatan Conservacation nya bisa cek artikel Gue di sini.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *