Hallo Guys, anak pantai lagi mau nulis trip yang kali ini dekat dengan Jakarta nih, dimana hayoo? harusnya sih kalian tau nih. Pasti kalian kira pantai di Jakarta cuma pantai Ancol, atau kalo tidak Pantai Indah Kapuk ya? bercanda langkahku jangan dimasukin ke hati masukin ke kantong aja, siapa tau dapet duit. Langsung ajalah Gue bercerita. Kali ini Gue mau main ke Kepulauan Seribu nih dekat banget dari Jakarta. Cuma ditempuh 1 s/d 2 jam dari Jakarta. Pulau yang Gue kunjungi Pulau Kelor, Pulau Onrush dan Pulau Chipir. Ke tiga pulau ini lagi ngehits banget dikalangan anak muda Jakarta, maka dari itu banyak banget Open trip bergelimpangan di sosial media menawarkan paket One Day trip Ke 3 Pulau tersebut. Kali ini Gue bukan ikut open trip Langkahku, Gak mampu Gue ikut open trip maklum baru lulus kuliah pengeluaran banyak hahahha. Kali ini Gue ikut trip bersama komunitas Gue yaitu BLI (Backpacker Lounge Indonesia)seperti biasa trip ini dibuka untuk keluarga BLI saja jadi yang mengetahui informasi trip ini hanya anggota BLI. Memang apa bedanya sama open trip yang lain? lu tanya Gue jawab Guys. Bedanya Gue cuma bayar Rp 60.000,- ke tiga pulau. Murah pake bingit kan bayar cuma Rp 60.000 sudah bisa main kepulau, apa lagi yang beda?yang pasti anak-anaknya gokil abis deh. Berasa trip keluarga walupun Gue ga banyak yang kenal tapi dirangkul banget kalau di BLI. Yang bawa makanan saling bagi yang bawa cinta gak saling bagi, yaiyalah yang punya cinta cuma yang punya pasangan lah Gue JOMBLO ahhahahaha. Langsung aja ya Gue mulai ceritanya trip Gue ke 3 Pulau ini.

Minggu pagi tanggal 24 Januari 2016 semua anggota trip diwajibkan datang ke meting point pukul 07.00WIB . Kali ini meting pointnya di Pelabuhan Muara Kamal. Di mana si Pelabuhan Muara Kamal? Gue kasih tau nih Pelabuhan Muara kamal Itu di mana

Peta Pelabuhan Muara Kamal

Alamat
Kamal Pantai, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470. Bagaimana si Dod untuk bisa menuju dermaga tersebut?Gue jawab ni banyak cara menuju dermaga tersebut 
  • Via Comuterline = Turun di Stasiun Rawa Buaya langsung naik mobil cary plat hitam menuju pelabuhan muara kamal.
  • Via Busway = Turun di Halte Busway Rawa Buaya langsung naik mobil cary plat hitam menuju pelabuhan muara kamal
  • Naik Ojek Online = tinggal petanya diatas lu samain aja tar kang ojek bakal menuju langsung dari lu pesen.
  • Naik Bus umum= seluruhnya jurusan kalideres turun di lampu merah cengkareng lan jut naik cary plat hitam menuju muara kamal. mudah kan guys.
Kembali ke laptop. Cuaca pagi ini lagi gak bersahabat guys, mau mantai malah hujan. Gue janjian sama Bang Dami di KFC Gang Macan buat sarapan dulu pukul 06.00WIB, galau ini mau jalan apa batal ni Bang? Tunggu Dod kita japri anak-anak satu-satu. Ternyata anak BLI itu kalo udah niat ga bisa dilawan deh hujan deras jalan terus,akhirnya Gue Bang Dami dan lainnya ketemuan di lampu merah Cengkareng. Saat itu yang bertemu di lampu merah Cengkareng Gue, Bang Dami, Om Dedi, Edi, Dicky, Nita, Yaya, Lia dan ada orang india ikut trip kita kali ini yaitu Ramy. Hujan mulai sedikit henti tapi masih gerimis. Pukul 08.00WIB menuju pelabuhan Muara Kamal dengan menggunakan mobil cary plat hitam. Biayanya cuma Rp 4000,-/orang. Sesampainya di sana ternyata anak BLI sudah menunggu ada sang CP Litha, Inces, Mak Yuyun, Dhani, Dhila, Rizal, Hartono, Abeth, Leha. Leo, Lia, aduh masih banyak deh temen-temen lainnya yang Gue lupa namanya saking banyaknya yang ikut. Di Pelabuhan tersebut akhirnya kami berkenalan satu sama lainnya. Jadilah keluarga baru kita semua.
Kapal Hoping menuju pulau Onrush
Waktu menunjukan Pukul 09.00WIB saatnya kita menaiki kapal. Cie-cie naik kapal ke pulau akhirnya jadi juga icikiwir. Pulau pertama yang kita kunjungi adalah pulau Onrush. Di pulau ini masih terlihat bangunan-bangunan peninggalan penjajah Belanda seperti benteng dan pelabuhan kuno. Pulau-pulau lain di sekitarnya seperti Pulau Bidadari (dahulu bernama Pulau Sakit), Pulau Cipir (Pulau Kahyangan) dan Pulau Kelor dibangun untuk menjadi pendukung pulau ini. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust. Terdapat pula sebuah makam yang konon kabarnya merupakan makam dari pemimpin pemberontakan. Yang namanya BLI kalo yang horor-horor malah di datengin. Saking beraninya ada pohon beringin di sana dijadiin buat objek foto kita. ala ala American Next Top Model Gitu hahahha nih foto-foto kite yang keceh badai.

Berfoto-foto bersama teman BLI


Di Pulau Ini banyak kegiatan yang kami bisa lakukan mulai dari duduk santai, main ayunan, foto-foto dan bisa mengunjungi museum juga loh. Disini juga terdapat masjid dan warung makan. Kebetulan waktu sudah menunjukan pukul 12.00WIB saatnya kita makan siang nih guys dan shalat dzhur yuk solat dulu makan dan lanjuti foto-foto lagi hahahhaha.


Saat ini sudah pukul 13.00 WIB dan pulau kedua yang kita kunjungi adalah Pulau Kelor. Jarak Pulau Onrush ke pulau kelor hanya 20 Menit saja. Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kherkof merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Di sini juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda. Ikon dari pulau ini adalah Benteng Martello. Benteng ini sangat dikenal di masyarakat Jakarta Khusunya karena banyak dipakai buat tempat foto Prawedding yailah praweding pasangan Guenya manah haaa. wkwkwkkw. Pulau Kelor adalah pulau kecil paling sekitar 2x lapangan bola saja luasnya. mau tau penampakannya ni Gue fotoin buat kalian.



Lanjut ya Guys, Waktu sudah Pukul 15.00WIB ni kayanya sudah sore, saatnya kita meninggalkan Pulau Kelor kita lanjut kepulau terakhir yaitu Pulau Cipir. Waktu perjalannnya ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Pulau Cipir merupakan lahan bekas rumah sakit untuk perawatan dan karantina penyakit menular bagi para jemaah haji pada tahun 1911-1933, Pulau Onrust dan Cipir dipergunakan sebagai pusat karantina haji. Para jemaah seluruh Indonesia yang ingin naik haji dipusatkan dahulu di sini. untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan jika ada yang sakit akan dirawat dahulu. Makanya tidak heran ketika turun dari kapal kita disuguhkan dengan bangunan-bangunan tua yang tidak beratap dan banyak jendela. Pulau Cipir cukup luas Guys. Fasilitas yang ada dalam pulau ini ada warung, ada gazebo, toilet, tempat duduk santai, menara pandang serta pantai yang bisa kita gunakan buat renang manja. Warung disini juga menjual makanan siap saji loh. Kalau kalian lapar bisa jajan di warung sini atau sekedar minum es kelapa muda sambil menikmati suasana laut dan deru ombak kepulauan seribu. Pulau Cipir menurut Gue pulau yang esotik. disini banyak bangunan yang bisa dijadiin spot foto. Pokoknya kalian wajib kesini deh. Kalau sudah Foto anak BLI tuh ga mau melewati nya deh. Pukul 16.30 WIB saatnya kita menuju pantai. Sebagaian anak BLI langsung nyebur guys, tapi sebagian lagi hanya bisa menikmati suasan di pulau ini. Kaya Gue yang cuma duduk termenung di dermaga ga ikut nyebur, ga bawa baju ganti soalnya hehehe. mau liat keseruan di pulau cipir bareng anak BLI. ni Gue kasih lihat foto fotonya.





Waktu menunjukan Pukul 17.30 WIB saatnya kita kembali ke Dermaga Muara Kamal. Kami bergegas naik ke perahu karena semakin sore ombak semakin tinggi. Semua teman teman BLI cukup senang dalam perjalanan kali ini. Dengan niat dan tekat yang kuat semua masalah bisa diselesaikan. Pukul 18.00 WIB kami telah sampai di dermaga dan langsung menuju rumah masing-masing. Terimaksih buat teman teman yang mau meluangkan waktu membaca tulisan saya sampai ketemu di Langkah dody selanjutnya.



You might also enjoy:

1 Comment

  1. I?m impressed, I must say. Really rarely do I encounter a blog that?s both educative and entertaining, and let me tell you, you have hit the nail on the head. Your idea is outstanding; the issue is something that not enough people are speaking intelligently about. I am very happy that I stumbled across this in my search for something relating to this.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *