Apakah Langkahku tahu bahwa keanekaragaman hayati itu terbagi dua dimana terdapat keanekaragaman hayati laut dan keanekaragaman hayati darat. Di laut Indonesia terdapat 75% spesies terumbu karang dunia. Enam dari tujuh spesies penyu dunia terdapat di Indonesia. Dan Indonesia merupakan penghasil ikan laut terbesar ke dua di dunia. Sedangkan di darat Indonesia menempati peringkat 2 dunia karena mempunyai 98 Juta Ha hutan hujan teropis. Kemudian Indonesia menjadi rumah terbesar bagi orang utan dan terdapat binatang purba yang tersisa di bumi yaitu komodo. Apakah semua itu akan berkelanjutan jika kita tidak melestarikannya? Jawabannya tentu tidak. Kalau kita tidak bisa berkontribusi secara langsung mungkin kita bisa berdonasi. Banyak cara untuk berdonasi salah-satunya dengan Tabungan Alamku.

Para Travel Blogger  berkumpul di kedai C1NO1 untuk mengikuti Blogger Ghetring.
Para Travel Blogger berkumpul di kedai C1NO1 untuk mengikuti Blogger Ghetring /foto: Dokumentasi Pribadi

Blogger Activity

Pada hari Kamis tanggal 31 Oktober 2019 bertempat di Kedai C1NO1 Gue beserta teman-teman blogger yang lain dengan nice blog yang sama yaitu travell blogger berkumpul. Acara kumpul-kumpul ini diberi nama Blogger Activity. Pada kegiatan ini dihadirkan Narasumber perwakilan dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) yaitu Kak Sally Kailola. Kak Sally ini berbagi informasi tentang Indonesia mulai dari Sabang sampai Marauke lalu dari Miyangas sampai Pulau Rote. Keindahan alam di tempat ini pun dipaparkannya melalui presentasinya.

Kak Adhit selaku Pembawa Acara membuka Blogger Activity.
Kak Adhit selaku Pembawa Acara membuka Blogger Activity /foto: Dokumentasi Pribadi

Apa itu Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN)?

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) adalah sebuah organisasi yang mempunyai misi melindungi tanah dan air yang menjadi sandaran kehidupan. YKAN berafiliasi dengan The Nature Conservancy (TNC) yang merupakan organisasi berbasis ilmu pengetahuan dan telah berpengalaman melakukan konservasi di seluruh dunia sejak tahun 1951. Di Indonesia, YKAN dan TNC bekerja sama untuk mencapai misi tersebut di atas dalam bentuk dukungan teknis dan kebijakan berdasarkan kajian ilmiah serta pendekatan inovatif dalam mengelola sumber daya alam di daratan dan lautan secara lestari.

Di Indonesia sendiri YKAN telah menunjukan pencapaiannya seperti memlindungi area laut sampai dengan 6 juta hektar. Kemudian melindungi hutan sampai dengan dua belas juta koma tujuh hekatar. Terdapatnya program akSi Inspiratif warGa untuk Perubahan (SIGAP) lebih dari 150 desa. Tersedianya aplikasi SIGAP yang bisa diunduh. Adanya perangkat lunak FishFace dan penanaman dan perlindungan hutan mnagrove sampai lima ratus ribu hektar. Nah dengan adanya pencapaian ini YKAN akan terus meningkatkan dan memajukan keberlanjutan yang memberikan dampak sosial, ekonomi, dan ekologis untuk multipihak.

Kak Sally Kailola perwakilan dari YKAN menjelaskan tentang program yang sudah di jalankan oleh YKAN termasuk Tabungan Alamku ini.
Kak Sally Kailola perwakilan dari YKAN menjelaskan tentang program yang sudah di jalankan oleh YKAN termasuk Tabungan Alamku ini /foto: Dokumentasi Pribadi

Apa Itu Tabungan Alamku?

Sebagai mahluk sosial manusia tidak hanya berbagai ke sesama manusai saja, tetapi penting juga berbagai terhadap alam yang kita pijak. Pasti Langkahku bertanya kan, bagaimana caranya berbagi dengan alam? Jawabannya adalah melalui Tabungan Alamku. Jadi Tabungan Alamku adalah produk tabungan hasil kolaborasi antara PT. Bank CTBC Indonesia dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) untuk mengajak kita semua turut berpartisispasi dalam kegiatan pelestarian alam serta lingkungan hidup.

Dengan membuka rekening Tabungan Alamku, Langkahku telah menjadi anggota Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dan turut berpartisispasi dalam pelestarian alam. Langkahku akan berdonasi rutin dimana tabungan langkahku akan didebet langsung sebesar 1,25% p.a (gross) dari saldo rata-rata bulanan Langkahku. Donasi akan diberikan langsung ke YKAN dalam rangka melindungi keindahan dan kekayaan alam serta keaneka ragaman hayati yang ada di Indonesia, pastinya atas nama Langkahku.

Ibu Meitari Purba sedang menjelaskan tentang Tabungan Alamku.
Ibu Meitari Purba sedang menjelaskan tentang Tabungan Alamku /foto: Dokumentasi Pribadi

Pelestarian alam berkelanjutan bukan tanggung jawab Pemerintah saja, melainkan tanggung jawab kita semua. Yuk Langkahku bersama-sama aktif dan berpartisipasi dalam pelestarian alam dan lingkungan hidup serta keaneka ragaman hayati demi masa depan berkelanjutan. Lewat #TabunganAlmku Ayo kita Lestarikan alam. Untuk menjadi nasabah dari Tabungan Alamku Langkahku bisa langsung kunjungi Bank CTBC yang tersebar di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Atau Langkahku bisa hubungi Call Center dari CTBC Bank di 08071221111 dan kunjungi juga sosial medianya di @bankctbcindonesia Jika ingin mengetahui salah-satu kegiatan yang Gue ikuti untuk melestarikan alam bisa cek artikelnya di sini.

abungan Alamku adalah hasil kolaborasi antara PT. Bank CTBC Indonesia dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN).
Tabungan Alamku adalah hasil kolaborasi antara PT. Bank CTBC Indonesia dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) /foto: Dokumentasi Pribadi

You might also enjoy:

3 Comments

  1. Today, while I was at work, my sister stole my apple ipad and tested to see if it can survive a 30 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has 83 views. I know this is entirely off topic but I had to share it with someone!

  2. Throughout this great pattern of things you’ll get a B- for effort and hard work. Exactly where you actually misplaced us ended up being on all the specifics. You know, people say, details make or break the argument.. And that couldn’t be more accurate in this article. Having said that, permit me reveal to you precisely what did work. The article (parts of it) is definitely quite convincing which is probably the reason why I am making an effort to opine. I do not really make it a regular habit of doing that. Second, even though I can easily see a jumps in logic you come up with, I am definitely not convinced of how you appear to connect your details that help to make your final result. For the moment I will yield to your issue but hope in the foreseeable future you actually connect the dots much better.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *