Hai Langkahku beberapa hari yang lalu Gue berkesempatan untuk ikut dalam perjalanan ke Bali bersama PT. Kereta Api Indonesia. Acara yang telah berlangsung selama 9 kali ini diberi nama Traveling By Train. Untuk mengetahui banyak tentang Traveling by Train akan Gue ulas di artikel yang berbeda. Nah kebetulan salah satu agenda dari acara Traveling by Train ini adalah menonton Tari Kecak Di Uluwatu. Ini merupakan salah-satu impian Gue sejak dahulu. Punya cita-cita untuk nonton pertunjukan yang mahal itu.

Duduk di tribun bersama Aris (tengah) dan Oni (kanan) menonton Tari Kecak di Uluwatu.
Duduk di tribun bersama Aris (tengah) dan Oni (kanan) menonton Tari Kecak di Uluwatu /foto: Dokumentasi pribadi

Mengenal Pura Uluwatu

Untuk menonton pertunjukan Tari Kecak ini pastinya kita harus datang ke Pura Uluwatu. Jadi Pura Uluwatu ini terletak di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung Bali. Lokasinya sendiri berada di atas bukit karang dengan ketinggian 97 meter di atas permukaan laut. Nah ini adalah alasan mengapa pura ini dinamakan Pura Uluwatu karena dalam bahasa Sanskerta artinya puncak batu karang. Untuk memasuki wilayah Pura Uluwatu pengunjung dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 30.000,-/orang. Dan ini harga yang pantas untuk menikmati pura ini Langkahku.

Sebelum memasuki kawasan pura tentu ada peraturan yang tidak boleh dilanggar, dikarenakan ini adalah rumah peribadatan. Di gerbang masuk kita diberikan selendang berwarna orange dan kain berwarna ungu. Untuk selendang dipergunakan jika Langkahku memakai celana panjang atau menutupi aurat. Dan Langkahku diwajibkan untuk memakai kain dan selendang jika Langkahku memakai celana pendek atau tidak menutupi aurat. Di dalam kawasan pura, Langkahku akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Bangunan pura yang eksotis, dipadukan dengan hamparan lautan Hindia yang sangat luas. Kalau langit sedang cerah, Langkahku bisa melihat sunset, dan Pura Uluwatu ini merupakan tempat melihat sunset terbaik di Pulau Bali. Sebagai informasi bahwa pura ini banyak sekali monyetnya, jadi kalau Langkahku bawa barang bawaan harap hati-hati ya.

Pura Uluwatu terletak di atas tebing dengan pemandangan lautan lepas
Pura Uluwatu terletak di atas tebing dengan pemandangan lautan lepas /foto: Dokumentasi pribadi

Cara menuju Pura Uluwatu

Untuk menuju Pura Uluwatu pengunjung bisa menggunakan sepeda motor, atau bisa menyewa mobil dan yang tidak mau ribet bisa ikut tour di Bali. Karena tidak ada kendaraan umum di Pulau Bali. Fasilitas yang ada di Pura Uluwatu adalah parkir yang luas, toilet, restoran, dan pertunjukan Tari Kecak. Kurang afdol rasanya jika ke Pura Uluwatu belum menikmati Tari Kecak dan tari api di Uluwatu. Kabarnya penampilan Tari Kecak di Pura Uluwatu merupakan Pementasan Tari Kecak terbaik di Bali loh Langkahku.

Banyak wisatawan asing berdatangan pada sore hari untuk melihat sunset di Pura Uluwatu yang merupakan sunset point paling the best.
Banyak wisatawan asing berdatangan pada sore hari untuk melihat sunset di Pura Uluwatu yang merupakan sunset point paling the best /foto: Dokumentasi Pribadi

Menonton Tari Kecak Di Uluwatu

Tari Kecak merupakan tarian khas Bali yang dimainkan oleh banyak orang. Ada banyak sekali tempat untuk menonton Tari Kecak di pulau Bali, tapi yang terbaik ada di Pura Uluwatu. Tempat ini difavoritkan wisatawan karena pementasan tarian Kecak memiliki latar belakang sunset terindah. Untuk harga tiket nonton pementasan ini adalah Rp 100.000,-/orang. Pementasan berdurasi 1,5 sampai 2 jam lamanya pertunjukan. Pementasan dimulai pada pukul 18:00 dan konter tiket Tari Kecak Uluwatu dibuka pada jam 17:00. Konter berada tepat di pintu masuk area pertunjukan. Untuk tempat duduknya, Langkahku bisa duduk di tribun area mana saja. Tidak ada nomor tempat duduk, jadi kalau ingin mendapatkan spot terbaik datangnya harus lebih awal.

Apa yang membuat Langkahku harus menonton Tari Kecak di Uluwatu? Alasannya Selain tempatnya yang indah Langkahku juga akan dibawa masuk menikmati cerita dengan cara yang berbeda. Karena Disepanjang pertunjukan Langkahku tidak mendengar dialog dan suara musik pengiring, semua menampilkan dengan gerakan dan suara yang keluar dari mulut, Merinding gak tuh!!! Sebelum pertunjukan dimulai Pembawa Acara akan menjelaskan alur cerita yang sebenarnya alur tersebut sudah ada dibrosur yang dibagikan ketika membeli tiket masuk sesuai bahasa dari negara masing-masing.

Langit Bali yang sedang merona, diambil dari tribun penonton.
Langit Bali yang sedang merona, diambil dari tribun penonton Tari Kecak di Uluwatu /foto: Dokumentasi pribadi

Setelah Pembawa Acara selesai pembukaan barulah masuk sekelompok orang kisaran 20 sampai 30 orang memasuki area pertunjukan dengan berbicara “kecak kecak kecak” secara serempak. Sura kecak itu akan Langkahku dengar sepanjang pertunjukan berlangsung. Disela-sela pertunjukan ada tokoh-tokoh yang masuk satu-persatu. Dan yang paling membuat penonton tertawa adalah tokoh Hanoman. Tingkahnya yang konyol membuat para penonton bertepuk tangan dan tertawa. Ada juga momen dimana Hanoman dibakar dan bikin merinding lagi. Untuk lebih jelasnya Langkahku wajib banget nonton pertunjukan Tari Kecak di Pura Uluwatu.

Moment yang mengharukan saat Hanoman di bakar dalam pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu.
Moment yang mengharukan saat Hanoman di bakar dalam pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu /foto: Dokumentasi pribadi

Kesimpulan

Penasarankan dengan jalan ceritanya? Makanya Langkahku langsung saja datang ke Bali dan jangan lupa mampir ke Pura Uluwatu untuk menonton pertunjukan Tari Kecak. Saran dari Gue jangan lupa memakai tabir surya agar kulit Langkahku tidak terbakar. Terus pakailah pakaian yang sopan dan senyaman-nyamannya. Datanglah lebih awal untuk mendapatkan spot terbaik yaitu di tengah tribun. Sembari melihat Tari Kecak Langkahku bisa sambil melihat sunset, cakep banget pokoknya. Itulah cerita singkat dan informasi dari Gue, semoga membantu dalam perjalanan. Apabila ada pertanyaan boleh tulis di kolom komentar ya. Untuk melihat perjalanan Gue yang lain bisa cek artikel ini. Dan jangan lupa untuk follow instagram Gue ya di @DSenjaya89. Sampai jumpa Langkahku selanjutnya.

Tempat terbaik menonton Tari Kecak di Bali.
Tempat terbaik menonton Tari Kecak di Bali ya di Pura Uluwatu /foto: Dokumentasi Pribadi

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *