Langkahku tahu gak sih kalau para Traveler seperti kita-kita ini rentan banget terkena flu? Apalagi perjalananannya menggunakan pesawat terbang, virus flu ini cepat banget masuk ke tubuh kita. Ini disebabkan karena virus flu dari orang yang terinfeksi dapat menyebar melalui sirkulasi udara pesawat. Virus flu ini menyebar cepat di ruang tertutup seperti pesawat. Jadi Gue punya pengalaman nih di mana Gue melakukan penerbangan malam dari Jakarta ke Manila. Lalu ada orang bersin-bersin sepanjang penerbangan, jaraknya 3 bangku di belakang Gue. Keesokan harinya Gue terkena flu dan kegiatan di Manila benar-benar bikin gak nyaman. Maka dari itu wajib banget nih kita menjaga tubuh agar tidak terserang flu salah-satunya dengan memberikan vaksin flu sebelum kita berpergian. Tidak mau kan, rencana perjalanan yang sudah disusun jadi berantakan gara-gara terserang flu?

Pada hari Minggu 24 November 2019 bertempat di Paradigma Cafe, Gue dan para blogger berkumpul untuk mengikuti acara Blogger Gathering bertajuk “Bebas Flu Saat Traveling.” Acara ini diselenggarakan untuk mengingatkan kita bahwa ada World Flu Day, di mana kita harus meningkatkan kesadaran akan bahaya flu. Jangan menganggap remeh penyakit flu, karena penyakit ini penyakit bisa terkena oleh siapapun dan dapat menyebabkan kematian.

Suasana Blogger Gathering di Paradigma Cafe membahas soal vaksin flu.
Suasana Blogger Gathering di Paradigma Cafe membahas soal vaksin flu /foto: Dokumentasi Pribadi

Mengenal Virus Flu

Langkahku tahu gak kalau penyakit flu ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus influenza dan menyerang organ pernapasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Penyakit flu dapat menyerang siapapun di segala usia. Mulai dari anak-anak yang bisa beresiko terinfeksi virus flu hingga 4 kali dalam setahun. Sampai orang dewasa yang bisa terkena flu sampai 2 kali dalam setahun. Penyebaran virus ini biasanya melalui udara dalam droplets yang dikeluarkan penderita saat batuk, bersin, atau berbicara dengan orang di sekitarnya. Virus flu ini mudah sekali menyebar, maka dari itu Langkahku wajib waspada dan menjaga agar tidak sampai tertular flu.

Ada beberapa gejala yang kita alami ketika terjangkit virus flu. Di antaranya adalah demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, nyeri otot, pusing, muntah sampai diare. Dan bisa menyebabkan kematian juga loh. Pada tahun 1918 silam penyakit flu menjadi penyakit yang paling mengerikan. Karena sebanyak 50 juta orang di usia 20 -30 tahun meninggal dunia akibat virus iunfluenza. Selain itu minimnya penanganan penyakit flu karena teknologi kesehatan pada saat itu tidak secanggih sekarang ini. Jadi banyak penderita flu menderita Pneumonia yang merupakan penyakit komplikasi mematikan yang disebabkan oleh virus flu. Karena kejadian itulah maka setiap tanggal 1 November ditetapkan sebagai hari flu sedunia atau biasa disebut “World Flu Day.”

Penyakit Flu dapat menyerang siapa saja dan tidak bisa dianggap remeh karena bisa menyebabkan kematian.
Penyakit Flu dapat menyerang siapa saja dan tidak bisa dianggap remeh karena bisa menyebabkan kematian /foto: Canva.com

Tips supaya terhindar dari penyakit flu saat berpergian

Langkahku yang ingin merencanakan berpergian dan tidak ingin terserang flu yang dapat menggangu aktifitas perjalanan bisa ikutin tipsnya nih. Enggak mau dong saat berfoto pakai masker atau saat menikmati udara segar pegunungan malah hidung tersumbat. Jadi berasa tidak nyaman banget kan? Nah berikut tips pencegahan flu saat berpergian.

  1. Rajin cuci tangan.
  2. Siapkan health kit seperti tissue basah dan kering, obat-obatan pribadi, hands sanitizer, dan sabun.
  3. Tutup mulut saat batuk dan bersin, menggunakan tisue atau lengan baju jangan menutup dengan telapak tangan secara langsung.
  4. Perbanyak minum air putih
  5. Dan yang paling penting adalah lakukan vaksin flu karena vaksin adalah perlindungan terbaik saat berpergian.
Blogger Gathering kali ini mengingatkan kita bahawa flu dapat dijumpai oleh siapa saja dan penyakit ini sudah ada vaksinnya yaitu vaksin flu.
Blogger Gathering kali ini mengingatkan kita bahawa flu dapat dijumpai oleh siapa saja dan penyakit ini sudah ada vaksinnya yaitu vaksin flu /foto: Dokumentasi Pribadi

Kenapa harus vaksin flu?

Vaksin merupakan antigen yang mengandung virus/bakteri atau komponen virus/bakteri penyebab penyakit yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Vaksinasi dapat menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahun karena berfungsi mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Vaksin yang beredar di masyarakat sudah banyak dan salah-satunya adalah vaksin flu. Vaksin flu bisa mencegah kita dari resiko penyakit komplikasi flu yang mematikan. Ditambah lagi, flu bisa memperparah penyakit yang sedang diderita seperti penyakit jantung, asma, atau diabetes. Vaksin flu bisa di berikan kepada anak-anak, wanita hamil, orang tua, dan tentu saja kita-kita ini. Menurut US Centre for Disease Prevention , pemberian vaksin sebaiknya dilakukan satu kali dalam setahun, khusunya bagi mereka yang beresiko tinggi menderita komplikasi flu.

Yang beresiko tinggi terhadap komplikasi flu adalah

  1. Oraang tua lanjut usia diatas 65 tahun
  2. Anak balita khususnya kurang dari 2 tahun
  3. Wanita hamil
  4. Penghuni panti jompo
  5. Penderita penyakit kronis seperti asma, gangguan jantung, diabetes dsb

Nah Langkahku supaya aktivitas tetap lancar tanpa takut terserang flu, yuk konsultasi ke dokter untuk pemberian vaksin flu yang tepat. Untuk informasi tentang vaksin bisa kunjungi instagramnya @kenapaharusvaksin Untuk kamu yang aktif bisa juga nih cobain susu ini. Sampai jumpa di Langkaku selanjutnya.

dr suzy sedang menjelaskan tentang vaksin flu ke pada para Blogger yang hadir.
dr suzy sedang menjelaskan tentang vaksin flu ke pada para Blogger yang hadir /foto; Dokume3ntasi Pribadi

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *