Siapa yang tidak tahu dengan Kota Tua? itu loh kawasan wisata yang sedang gencar dipromosikan oleh pemerintah daerah. Kawasan Kota Tua ini selalu ramai didatangi pengunjung lokal maupun mancanegara. Kawasan Kota Tua ini memiliki suasana yang beda dari tempat lainnya di Jakarta sebab bentuk bangunan di kawasan ini vintage dan penuh dengan sejarah. Tapi ada yang beda nih dengan Kota Tua saat ini terutama Kali Besar.

Refitalisasi kawasan kota tua terutama kali besar menjadi lebih cantik karena di tanami bunga-bunga
Refitalisasi kawasan kota tua menjadi lebih cantik karena di tanami bunga-bunga /foto: Dokumentasi pribadi

Ada beberapa tempat yang patut dikunjungi saat kamu ada di kawasan ini. Berbagai museum seperti Museum Bank Indonesia, Musuem Bank Mandiri, Museum Sejarah jakarta, Museum Keramik, Museum Wayang. Kalau kamu senang jalan kamu bisa mengunjungi juga Museum Bahari. Tidak hanya museum kamu juga bisa melihat bangunan sejarah lainnya seperti Stasiun Jakarta Kota, Kantor Pos Kota, Kantor Jasa Raharja, Toko Merah dan masih banyak bangunan unik lainnya.

Refitalisasi Kali Besar

Baru-baru ini kawasan Kota Tua selesai direfitalisasi. Yang membuat Gue terkejut yaitu refitalisasi kali besar dimana sebelumnya Kali Besar identik dengan bau, hitam, jorok dan tidak terawat sekarang benar-benar beda. Gue dibuat pangling dengan Kali Besar saat ini, berasa Gue ada di Kota Amsterdam. Bagaimana tidak, kawasan ini disulap dengan desain yang sangat menarik. Mulai dari pendestrian yang dibuat nyaman dan cukup lebar. Ditambah sungai yang tidak ada sampah dan tidak berbau. Dan uniknya lagi terdapat jembatan dan taman mengapung di atas Kali Besar. Tidak hanya itu, fasilitas penunjang seperti bangku taman, mesin parkir, tanaman hias dan patung-patung simbol kerja keras pun dipajang dipedestrian ini. Jadi pengen berfoto-foto deh dan di post di media sosial kita.

Refitalisasi Kali Besar : Terdapat bangku yang nyaman untuk duduk santai menikmati suasan kota tua
Terdapat bangku yang nyaman untuk duduk santai menikmati suasan kota tua /foto: Dokumentasi pribadi
Kali Besar sudah di refitalisasi dan sudah bersih dan tidak berbau
Kali Besar sudah di refitalisasi dan sudah bersih dan tidak berbau /foto: Dokumentasi pribadi

Ada apa saja di Kota Tua?

Kali Besar ini beralamat di Jalan Kali Besar Timur 4 No.29, Tamansari, RT.7/RW.7, Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat. Untuk sampai di kawasan ini sangat mudah. Kamu bisa menaiki transportasi umum seperti KRL dengan jurusan Jakarta Kota. Atau kamu bisa naik bus Transjakarta dengan jurusan Kota. Oiya ada bus Transwisata Jakarta juga yang bisa kamu gunakan gratis dari halte tertentu nih dan turunnya di halte Bank Indonesia ya.

Selain kamu bisa berkunjung ke museum di kawasan ini, di tempat ini kamu juga bisa berkeliling dengan bersepeda yang disewakan loh. Kamu juga bisa naik delman keliling Kawasan Kota Tua. Nah belum afdol rasanya kalau kamu belum mencoba kuliner khas Jakarta seperti kerak telor, es slendang mayang atau minum bir pletok, karena makan ini tersedia di pinggir jalan. Ada juga makanan yang dijual disana selain khas jakarta seperti pecel, bakso, nasi goreng, gorengan dan masih banyak lagi. Nah buat kamu yang mempunyai budget lebih kamu bisa mencoba Kafe Batavia yang mempunyai desai interior yang vintage.

Berkeliling Kota Tua dengan naik delman lebih berasa kota tuanya
Berkeliling Kota Tua dengan naik delman lebih berasa kota tuanya /foto: Dokumentasi pribadi

Tips Mengunjungi Kota Tua

Tips untuk berpergian ke Kawasan Kota Tua yaitu pakailah baju dan alas kaki senyaman mungkin. Bawa kacamata dan payung karena kawasan ini outdoor dan lumayan panas sih. Bawalah uang receh sebanyak mungkin karena banyak sekali pengamen di kawasan ini. Dan bawalah barang seperlunya saja serta tidak memakai perhiasan berlebihan. Pesannya jaga kebersihan dan fasilitas umum di lokasi ini ya guys dan jangan dirusak, karena fasilitas ini milik kita juga. Cukup sekian perjalanan Gue kali ini. Buat kamu yang ingin merekomendasikan Langkahdody explore tempat di Jakarta selanjutnya bisa komentar di bawah ya. Dan jangan lupa like, subscribe dan share youtube channel Gue di sini.  Kamu yang ingin tahu madame tussauds di Jakarta dimana?bisa cek di sini.

Menikmati suasana sore di kali besar yang sudah mulai bersih dan rapih
Menikmati suasana sore di kali besar yang sudah mulai bersih dan rapih /foto: Dokumentasi pribadi

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *